KLIKTREND.com – Video 4 pemuda yang diduga mengencingi Bendera Merah Putih viral di media sosial hingga berujung ke kantor polisi.

Pasalnya Polres Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menangkap empat pemuda yang diduga mengencingi Bendera Merah Putih.

Lantas seperti apa fakta sebenarnya yang terjadi dengan video viral 4 pemuda yang mengencingi bendera Merah Putih tersebut?

Trending: Seorang Ibu Melahirkan Bayi di Dalam Mobil Grab Viral di Media Sosial

4 Pemuda Diamankan Polisi

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto menyampaikan bahwa air seni para pemuda tersebut tidak mengenai Bendera tersebut.

“Setelah dilakukan interogasi, dan menganalisa rekaman video yang viral, pemuda yang diamankan Polres Inhu tidak mengencingi bendera,” kata Sunarto dikutip dari Kompas.com, Minggu (11/8/2019).

Menurut Sunarto, saat itu ada dua pemuda yang sedang buang air kecil di dekat Bendera. Peristiwa tersebut direkam oleh salah satu teman mereka.

Video yang diunggah di media sosial itu lalu ditambahkan narasi, seakan-akan kejadian itu memang para pemuda tengah mengencingi Bendera dan lafaz Allah di sebuah pohon.

Trending: Fotonya Viral, Begini Klarifikasi Wanita yang Dituduh Tipu Pacarnya dengan Foto Cantik

Sunarto menyebutkan, empat pemuda yang diamankan berinisial BO (22), FS (22), MS (25) dan DS (21). Mereka semuanya warga Kecamatan Lirik, Inhu, Riau.

Menurut Sunarto, peristiwa itu terjadi pada Jumat (9/8/2019), sekitar pukul 23.00 WIB di halaman warung makan di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Inhu.

Awalnya, keempat pemuda itu datang dari Kecamatan Lirik menuju sebuah kafe di Kecamatan Pasir Penyu.

Setelah minum kopi, mereka keluar dari kafe menuju tempat parkir mobil. Saat itu, terduga pelaku MS dan DS tiba-tiba ingin buang air kecil.

“MS buang air seni di bawah bendera dan tidak mengenai bendera yang tergantung. Sedangkan, MS buang air di samping pohon. Di lokasi memang ada yang menjual bendera menjelang peringatan HUT RI,” kata Sunarto.

Namun, pada saat MS dan DS buar air kecil, tiba-tiba direkam oleh temannya lalu diunggah di Intagram. Tanpa mereka sadari, video tersebut viral dan menimbulkan polemik.

“Setelah diselidiki Polres Inhu, keempat pemuda dapat diamankan untuk dimintai keterangan,” kata Sunarto.

Secara terpisah, Humas Polres Inhu Aipda Misran mengatakan, keempat pemuda tersebut saat ini masih diamankan di Polres Inhu.

“Masih. Masih diamankan untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Misran dikutip dari Kompas.com.

Trending: Viral, Jalani Cinta Jarak Jauh, Pria Ini Tertipu Oleh Cantiknya Wajah Kekasih

Dia mengatakan, video itu awalnya diunggah di akun Instagram @boswestaaa, yang kemudian menjadi viral.

Menurut Misran, dari hasil pemeriksaan alat bukti (rekaman video), tampak secara kasat mata bahwa MS dan DS tidak sedang melakukan aksi penistaan. “Tidak mengenai Bendera,” kata Misran.*