Tentang Kami

Kliktrend.com adalah media kreatif untuk merangkum informasi trending topic Indonesia serta hastag yang sedang viral dibahas di media massa dan media sosial.

Kliktrend.com dibentuk ketika revolusi internet melahirkan format baru seiring berkembangnya mesin pencari dan media sosial, yakni “Trending Topic” dan “Viral”.

Keduanya adalah istilah yang terkait dengan penyebaran informasi; bertautan dalam jalinan yang rumit di ruang mesin pencari semisal Google dan media sosial seperti Facebook.

Seiring dengan keduanya, istilah hoax, black campaign, saracen dan semacamnya meracuni arus informasi yang mengalir ke ruang-ruang publik di dunia maya.

Melakukan Sesuatu

Berhadapan dengan fenomena itu, sebagai pegiat yang menggeluti bidang media sosial sembari mendalami proses kerja mesin pencari, muncul kesadaran bahwa kami juga harus melakukan sesuatu.

Betapapun, informasi yang menyesatkan, entah apapun motif dibaliknya, harus dicegah dan dilawan. Itu yang kami lakukan sebelumnya melalui akun-akun pribadi, fanpage, maupun grup media sosial yang kami kelola.

Namun, laju hempasan arus informasi di internet, baik positif maupun negatif, adalah hal yang tidak dapat dibendung. Itu yang kemudian kami sadari.

Diskusi tentang ‘jalan tengah’ untuk mengatasi itu kemudian melahirkan kesepakatan bahwa, informasi hanya bisa ditandingi dengan informasi. Informasi yang sifatnya menipu, merusak, atau bahkan ‘menciderai’ hanya bisa ditandingi dengan informasi yang benar dan positif; tidak hanya dari sisi kualitas, tetapi juga kuantitas.

Akan tetapi, kami sadar bahwa kami bukan jurnalis. Kami juga bukan peneliti. Kami juga tidak punya kemampuan untuk menulis dengan baik dan benar, apalagi punya otoritas untuk mengatakan bahwa ini-hoaks atau ini-bukan-hoaks.

Merintis Jalan Tengah

Hal yang bisa kami lakukan adalah dengan ‘merintis jalan tengah’. Dalam artian, menjembatani arus informasi positif dan bukan-hoaks dari sumber-sumber terpercaya, untuk dibagikan kepada khayalak netizen di akun, fanpage, dan grup yang kami kelola.

Tentunya, dalam proses penjembatan itu, informasi dari sumbernya kami ‘bahasakan ulang’ untuk ‘disesuaikan’ dengan komunitas tempat kami berkumpul. Selain itu, kami juga menambahkan konten multi-media dalam bentuk video, gambar, atau suara guna melengkapi dan mendukung kebenaran informasi yang disajikan.

Akun saja, fanpage saja, dan grup saja ternyata tidak cukup. Keterbatasan ruang gerak dalam media sosial semisal ‘menyematkan kode’, menyertakan tautan pendukung, serta menyisipkan konten multi-media dalam postingan menjadi kendala utama.

Hal itu menuntun kami pada keputusan bahwa postingan-postingan perlu disimpan di tempat khusus terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk dapat mengatasi kendala-kendala tadi, sebelum ditampilkan ke akun pribadi, atau fanpage atau grup-grup media sosial yang kami kelola.

Lahirlah ide akan sebuah website khusus, sebagai ‘tempat persinggahan sementara’.

Menjadi Kliktrend.com

Kliktrend.com akhirnya menjadi nama yang dipilih. Tagline-nya pun final diputuskan: Trending Topic Indonesia. Pemilihan itu sesuai dengan fokus bahasan yang nantinya akan disinggahi olehnya, yakni konten-konten yang hangat dibicarakan atau viral diperbincangkan di media sosial yang kami kelola.

  • Apakah kami mengerjakan ini secara profesional? Tidak. Sekali lagi, kami bukan jurnalis. Dalam deskripsinya, website ini dicantumkan sebagai ‘media kreatif’, bukan ‘media massa’ dalam artian produk jurnalistik.
  • Apakah kami serius? Ya. Sekali lagi, kami serius untuk menyebarkan informasi yang ‘valid’ dan positif. Karenanya, dengan keterbatasan kami, sedapat mungkin informasi tersebut kami pastikan sebelum ‘disimpan’ di sini.
  • Apakah kami dipekerjakan untuk menjalankan website ini? Tidak. Kami merintis website ini atas inisiatif sendiri, gabungan para pegiat media sosial dan mesin pencari.
  • Apakah kami menerima bayaran dari iklan yang ditampilkan di website ini?¬†Ya. Penghasilan dari iklan akan kami gunakan untuk membiaya¬†operational cost website ini semisal domain, sewa server/hosting, paket data, dll.

Mau Dibawa Kemana?

Sejauh ini Kliktrend.com baru ‘melayani’ tujuan itu: menjadi jembatan penyalur konten-konten informasi yang valid dan positif kepada khayak pembaca. Sekiranya ada kesalahan, kekeliruan atau ke-khilafan yang terjadi selama prosesnya nanti, dengan rendah hati kami memohon maaf sebesar-besarnya.

Tentunya kami juga berharap bahwa kami akan meminimalisir kesalahan yang dibuat dalam mengelola Kliktrend.com. Jika kami alpa, lupa atau bahkan teledor, kritik, teguran, saran dan masukkan dari pembaca sekalian sangat kami harapkan untuk dikirim melalui halaman Kontak atau via [email protected].

Salam hangat dari kami semua.