KLIKTREND.com – Seorang pasien yang terjangkit covid-19 menceritakan pengalamannya saat berada di ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

Pasien 01 yang telah dinyatakan sembuh dari wabah Covid-19 ini mengungkapkan selama berada di ruang isolasi, kondisinya tidak terlalu menyeramkan seperti yang dibayangkan.

Namun dia mengakui bahwa sebelumnya dirinya sempat berpikir dan membayangkan kondisi menyeramkan selama di ruang isolasi.

“Sejujurnya kita takut banget, karena bayangannya ruang isolasi menyeramkan,” kata pasien 01 dalam wawancaranya di acara Rosi Kompas TV, Kamis (19/3/2020) malam.

Para penyintas Covid
Tangkap Layar YouTube/KOMPASTV

TrendingPusing Karena Corona, Nia Ramadhani Ungkap Kekesalannya di Depan Ardi Bakrie

Bisa Berkomunikasi dengan Keluarga

Di tengah kekhawatiran pasien 01 terhadap penyakit yang dialaminya, pemikirannya mengenai hal itu berubah ketika bertemu dengan para petugas medis yang merawat dirinya.

“Cuman pas kita sampai itu perawat-perawatnya itu baik banget di tempat kami dirawat, jadi dari pertama dateng itu sudah sesuatu yang menenangkan,” akunya.

Menurutnya, perawat, dokter hingga cleaning service tempat ia dirawat sangat baik dan mendukung untuk kesembuhannya.

Di ruang isolasi ia memang merasa kesepian sebab terpisah dan tak bisa bertemu secara langsung dengan teman atau kelaurganya.

Beruntung ia masih dapat berkomunikasi dengan keluarga dan koleganya melalui sambungan telepon.

“Tidak semenyeramkan yang orang-orang pikirkan untuk diisolasi, karena ya bedanya kita tidak bisa berhubungan dengan dunia luar saja, tapi saya tetap setiap hari bisa telfonan sama ibu, sama mbak Ratri sama keluarga dan teman-teman terdekat,” ungkapnya.

Ia selalu mendapat suport dari perawat dan dokter serta keluarganya untuk selalu merasa bahagia meski dirawat di ruang isolasi.

Dengan hal itu imun di tubuhnya dapat meningkat dan dapat melawan virus covid-19 yang ada di tubuhnya.

TrendingTanggapan Deddy Corbuzier Soal Konten Corona yang Dinyinyir Dokter

Pesan Pasien 01 Covid-19

Selain menceritakan pengalaman saat diisolasi, pasien 01 berpesan kepada masyarakat di Indonesia agar tidak takut saat menjalani isolasi untuk perawatan virus corona.

Menurutnya, dengan mempelajari informasi terkait virus corona serta membaca data yang ada saat ini, akan dapat mambantu dalam menghadapi pandemi global corona ini sehingga lebih tenang dan tidak panik.

“Masyarakat jangan takut untuki tes, jangan takut untuk diisolasi, dan banyak-banyak baca info berdasarkan data,” pesan dia.

Covid
Gambar Ilustrasi/TribunNews

Diberitakan sebelummnya, pasien 01 telah diperbolehkan untuk pulang bersama dua pasien lain yakni 02 dan 03 karena telah dinyatakan sembuh dari Virus Corona (Covid-19).

Setelah dinyatakan sembuh, ketiga pasien tersebut melangsungkan konferensi pers yang dihadiri Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dan Juru Bicara Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Warga Depok, Jawa Barat ini menyampaikan terima kasih kepada petugas medis yang merawatnya dan bekerja sangat baik.

“Saya bersyukur sekali diisolasi di Rumah Sakit Sulianti Saroso karena baik dokter, suster pekerja lab dan tim sangat membantu kami mereka 24 jam siap mendampingi kami.”

“Dan saya ingin sekali pemerintah memberikan penghargaan apresiasi dan intensif untuk mereka yang 24 jam di garda depan,” terang pasien 02.

Pasien 02 ini menyatakan penghargaan kepada petugas medis diperlukan karena mereka bertugas sangat baik dan masih harus bekerja untuk beberapa bulan ke depan dan tentu saja meninggalkan keluarga.

“Dan mereka masih akan terus kerja, saya enggak tahu mungkin 6 bulan, mereka juga punya family, punya keluarga dan saya mohon perhatian untuk mereka karena mereka luar biasa kerjanya,” terang dia.*