KLIKTREND.com – Kabar membanggakan datang dari Claudia Santoso, mahasiswi Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Universitas Muenchen Jerman.

Gadis asal Cirebon, Jawa Barat itu berhasil keluar sebagai juara The Voice of Germany musim ke-9. Berita tentang kemenangan Claudia Santoso pun sontak menghebohkan publik tanah air.

“Selamat! Claudia Emmanuela Santoso memenangkan The Voice of Germany musim ke-9,” tulis akun @thevoiceofgermany, Senin (11/11/2019).

Trending: Sempat Trending, Claudia Kini Masuk Final The Voice of Germany

Claudia Santoso Juarai The Voice of Germany 2019

Pada final The Voice of Germany yang berlangsung pada 10 November 2019 waktu Jerman, Claudia harus beradu dengan empat finalis lainnya.

Kelima peserta membawakan lagu mereka masing-masing yang telah direkam dengan pelatih Alice Merton, Mark Forster, Nico Santos, Rea Garvery, dan Sido.

Hasilnya, gadis bernama lengkap Claudia Emmanuela Santoso itu berhasil menang di posisi pertama dengan voting 46,39 persen. Di posisi kedua, Erwin Kintop dengan perolehan suara 17,36 persen.

Claudia Santoso Juarai The Voice of Germany 2019
Juara The Voice of Germany 2019 – @thevoiceofgermany

Trending: 15 Potret Cantik Prinsa Shafira yang Mundur dari Indonesian Idol

Kemudian, disusul Lucas Rieger dengan 14,33 persen dan Fidi Steinback dengan 12,51 persen. Terakhir di posisi kelima ada Freschta Akbarzada dengan perolehan suara 9,41 persen.

Dilansir dari laman Salsango, Claudia tampil dengan Freya Ridings membawakan lagu “Castles”. Kemudian, pada bagian cover songs, Claudia menghadirkan lagu “I Have Nothing” dari Whitney Houston.

Berkat penampilannya yang memukau serta dukungan dari para penggemarnya, Claudia Santoso pun akhirnya keluar sebagai juara The Voice of Germany musim ke-9.

Fakta Seputar Claudia Emmanuela Santoso

Keluar sebagai juara The Voice of Germany musim ke-9 merupakan kebanggaan Claudia Santoso yang tentu dirasakan juga oleh pendukungnya dari Indonesia. Namun, pencapaian Claudia tersebut bukanlah sesuatu yang diraihnya dengan mudah.

Belum banyak yang tahu, gadis kelahiran 27 Oktober 2000 ini pernah berkali-kali gagal dalam mengikuti ajang pencarian bakat di Indonesia. Berikut sejumlah fakta menarik tentang Claudia Santoso yang dirangkum Kliktrend.com dari berbagai sumber.

1. Akrab dengan Musik Sejak Kecil

Claudia Santoso Akrab dengan Musik Sejak Kecil
Akrab dengan Musik Sejak Kecil – @audi_emmanuela

Sejak Claudia masih kecil, ia sudah sangat akrab dengan musik. Bahkan saat ia menangis, orangtuanya dengan segera menyetel musik untuk membuat Claudia berhenti menangis.

2. Ikut Les Musik Sejak Usia 4 Tahun

Claudia santoso Ikut Les Musik Sejak Usia 4 Tahun
Ikut Les Musik Sejak Usia 4 Tahun – @audi_emmanuela

Kedua orang tua Claudia tak tanggung-tanggung dalam mendukung bakat putrinya. Menyadari bakat yang dimiliki putrinya, kedua orang tua Claudia mengikutsertakannya di les musik sejak ia berusia empat tahun.

Trending: Suara Claudia Santoso Berhasil Memukau Warga Jerman

3. Piawai Memainkan Sejumlah Alat Musik

Piawai Memainkan Sejumlah Alat Musik
Piawai Memainkan Alat Musik – @audi_emmanuela

Tidak hanya memiliki suara yang indah, ternyata Claudia juga mahir memainkan beberapa alat musik, diantaranya piano dan gitar.

4. Pernah Ikut Ajang Pencarian Bakat di Indonesia

Pernah Ikut Ajang Pencarian Bakat di Indonesia
Pernah Ikut Audisi di Indonesia – @audi_emmanuela

Rupanya, Claudia pernah mengikuti ajang pencarian bakat di Indonesia. Ia pernah mengikuti audisi Akademi Fantasi Indosiar (AFI) saat berusia 8 tahun. Di usia 11 tahun ia mengikuti Idola Cilik lalu pada tahun 2014, ia kembali mengikuti ajang Mamamia.

5. Menjadi Mahasiswa di Universitas Muenchen

Menjadi Mahasiswa di Universitas Muenchen
Mahasiswa di Universitas Muenchen – @audi_emmanuela

Rupanya, saat ini Claudia tengah menempuh pendidikan di salah satu universitas di Jerman. Ia tercatat menjadi mahasiswa Universitas Muenchen, Jerman.*