KLIKTREND.com – Daftar 10 orang terkaya di dunia merupakan ranking yang dirilis Bloomberg. Dari kesepuluh orang dalam daftar tersebut, tujuh diantaranya merupakan warga negara Amerika Serikat, yang menggeluti bisnis di bidang teknologi.

Bloomberg Billionaire Index merupakan daftar 500 miliarder dari seluruh dunia. Daftar ini terus diperbarui setiap hari setelah penutupan perdagangan di Bursa Saham New York, Amerika Serikat.

[wonderplugin_video iframe=”https://youtu.be/0nL33334avs?t=8″ videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

Baca jugaNamanya Jadi Trending Topic karena Terjerat UU ITE

Berikut daftar 10 orang terkaya dunia versi Bloomberg Billionaires Index:

1. Jeff Bezos

Jeffrey Preston Bezos adalah pengusaha terkaya di dunia sepanjang sejarah modern. Ia adalah pendiri, chairman, CEO, presiden dan pemilik saham mayoritas perusahaan teknologi terbesar di dunia Amazon.com.

Jeff Bezos
Jeff Bezos – businessinsider.sg

Jeff Bezos menempati posisi pertama dengan kekayaan sebesar US$ 142 miliar atau setara Rp 1.988 triliun dengan kurs Rp14.000 per dolar AS. Selain sukses membesarkan Amazon, Bezos juga baru saja menginvestasikan uangnya di Google, AirBnB dan Business Insider.

2. Bill Gates

William Henry “Bill” Gates III adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen.

Bill Gates
Bill Gates – tek.id

Saat ini, Bill Gates menempati urutan ke posisi kedua orang paling kaya di dunia. Pria berumur 62 tahun itu kini mempunyai kekayaan bersih US$95,8 miliar atau Rp 1.336 triliun.

3. Warren Buffett

Posisi ketiga dalam daftar 10 orang terkaya versi Bloomberg Billionaires Index masih dipegang oleh pengusaha dan investor yang mungkin paling dikenal di seluruh dunia, Warren Buffett, dengan US$90,3 miliar.

Warren Buffett
Warren Buffett – investingnote.com

Warren Edward Buffett adalah seorang investor, pengusaha, dan philanthropist asal Amerika Serikat. Dia adalah investor tersukses di dunia. Buffett adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway.

4. Bernard Arnault

Bernard Jean Étienne Arnault adalah tokoh bisnis Prancis, seorang investor, dan kolektor seni. Ia juga merupakan ketua dan kepala eksekutif LVMH, perusahaan barang mewah terbesar di dunia. Dalam catatan Bloomberg terkini, ia menempati urutan keempat dengan total jumlah kekayaan mencapai US$76,6 miliar.

Bernard Arnault
Bernard Arnault – mononews.gr

Selain pakaian, Bernard Arnault juga telah memperluas bisnisnya ke jam tangan dan produk minuman sampanye. Ia juga berinvestasi di Netflix, Blue Capital, Carrefour, Boo.com, Libertysurf, dan Zebank. Perusahaannya juga memiliki Givenchy, Guerlain, Marc Jacobs, Sephora, Emilio Pucci, Fendi, Loro Piana, Nicholas Kirkwood, Thomas Pink, RM Williams, EDUN, Moynat dan Donna Karen.

5. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg yang menduduki posisi orang terkaya dunia ke-5 merupakan nama yang sudah tidak asing lagi.  Ia naik satu peringkat setelahs sebelumnya berada di posisi ke-6. Tahun ini, jumlah kekayaan sang pendiri Facebook ini tercatat sejumlah US$65,6 miliar.

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg – independent.co.uk

Pria yang bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini dikenal sebagai seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet. Namanya mendunia setelah menciptakan dan mengembakan situs jejaring sosial Facebook bersama temannya pada tahun 2004.

6. Amancio Ortega

Amancio Ortega Gaona adalah seorang pebisnis asal Spanyol. Ia merupakan ketua sekaligus pendiri grup busana Inditex, perusahaan yang menguasai jaringan toko pakaian dan aksesoris Zara.

Amancio Ortega
Amancio Ortega – shbarcelona.com

Pada tahun 2011 yang lalu Amancio Ortega diberitakan menyatakan pensiun dini dari Inditex, perusahaan induk Zara. Namun demikian dalam daftar yang dirilis tahun ini, ia tetap menduduki  urutan ke-6 daftar 10 orang terkaya di dunia dengan total jumlah kekayaan mencapai US$63,5 miliar.

7. Carlos Slim

Carlos Slim Helú adalah seorang pengusaha dan filantropis. Ia adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil. Bisnisnya meroket setelah pada tahun 1980 ia membentuk Grupo Galas sebagai induk dari konglomerat yang memiliki minat terhadap industri, konstruksi, pertambangan, retail, makanan, dan tembakau.

Carlos Slim
Carlos Slim – fortune.com

Carlos Slim pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia tiga kali berturut-turut menurut majalah Forbes mulai dari tahun 2010 hingga 2012 mengalahkan pemilik Microsoft Bill Gates. Pada tahun ini, ia menduduki peringkat ketujuh dengan nilai total kekayaan US$60,0 miliar.

8. Larry Page

Lawrence Edward “Larry” Page adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google bersama Sergey Brin. Page menjalankan Google bersama Brin sampai 2001, ketika mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google.

Larry Page
Larry Page – time.com

Pada September 2005, Larry Page,  bersama Sergey Brin, pernah membuat heboh dengan membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar, sebuah Boeing 767 untuk penggunaan pribadi mereka. Kini, ia dicatat sebagai orang terkaya dunia kedelapan dengan kekayaan mencapai kekayaan US$54,8 miliar.

9. Larry Ellison

Lawrence Joseph Ellison adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Ellison memiliki bakat dalam matematika, dan pada masa mudanya bekerja untuk Perusahaan Ampex. Salah satu proyeknya adalah gudang data untuk CIA yang ia beri nama “Oracle”.

Larry Ellison
Larry Ellison – inc.com

Larry Ellison yang lahir pada 17 Agustus 1944 ini kini menempati urutan kesembilan dari dalam daftar orang terkaya dunia versi Bloomberg Billionaires Index dengan nilai kekayaan sejumlah  US$54,2 miliar.

10. Sergey Brin

Sergey Mikhailovich Brin adalah seorang pengusaha Amerika. Lahir di Rusia, Brin mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page. Kini, bersama-sama dengan Eric Schmidt dan Larry Page mereka menjalankan perusahaan mesin pencari terbesar dunia, Google.

Sergey Brin
Sergey Brin – telegraph.co.uk

Salah satu momen bersejarah dalam hidup Sergey Brin adalah pertemuannya dengan Larry Page di Stanford University pada 1995. Dari sanalah keduanya membangun Google yang saat ini menjadi perusahaan yang merambah ke berbagai bidang. Kini ia tercatat memiliki total kekayaan mencapai US$53,3 miliar.

Demikianlah daftar 10 orang terkaya dunia 2019 versi Bloomberg Billionaires Index. Dari antara nama-nama tersebut, siapakah yang paling berkesan dan paling menginspirasi kamu?