KLIKTREND.com – Penghitungan suara hasil Pilres tahun 2019 hingga saat ini masih berlangsung. Berbagai macam kecurangan menjadi tema perbincangan warganet di media sosial.

Salah satu keanehan yang terjadi yakni input data di Situng KPU. Hal ini terjadi di TPS Talela, Sampang Madura, Jatim. Salah satunya foto C1 TPS 04 Banjar (Bj) Talela, Sampang, Madura, Jatim, yang terlihat dicoret-coret.

Bagian yang dicoret yaitu tulisan di dalam tabel perolehan suara paslon. Tulisan awal terlihat dicoret, lalu dibubuhi tulisan baru. Tulisan baru terbaca pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat 219 suara.

Di tulisan yang telah dicoret, pasangan 01 itu hanya mendapat 37 suara. Sementara pasangan 02 ditulis tak mendapat suara sama sekali sedangkan pada tulisan yang telah dicoret, Prabowo-Sandi tampak mendapat 166 suara.

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=uuD5dj9evS0″ videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

Trending: Atraksi Hari Ulang Tahun Kopassus, Prabowo Diminta Cek Silet

Belum Ada Penjelasan

Terkait persoalan tersebut, belum ada penjelasan soal foto C1 yang dicoret-coret ini. Di website Situng, KPU menjelaskan bahwa data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara merupakan data berdasarkan angka yang tercantum dalam salinan formulir C1 sebagai hasil penghitungan suara di TPS.

Di TPS 04 Bj Talela Sampang, C1 Dicoret-coret, Suara Prabowo Jadi Nol
Foto: Scan C1 TPS 04 Banjar Talela Sampang (Situng KPU)

Trending: Hasil Penghitungan Sementara, Prabowo-Sandiaga Unggul di 21 Daerah di Jabar

Jika terdapat perbedaan antara angka yang tertulis dengan angka yang tercantum dalam salinan formulir C1, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Di TPS 04 Bj Talela Sampang, C1 Dicoret-coret, Suara Prabowo Jadi Nol
Foto: Screenshot dari Situng KPU

Trending: KPU Sebut Ada 54 Petugas KPPS Meninggal Selama Penyelenggaraan Pemilu

KPU juga menyatakan bahwa data yang ditampilkan bukan merupakan hasil final, karena hasil akhir penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 akan ditetapkan secara manual melalui rapat rekapitulasi secara berjenjang di setiap tingkatan.

Oleh karena itu jika terdapat kesalahan dalam pengisian C1 dapat diusulkan perbaikan pada rapat rekapitulasi di tingkat kecamatan. Rekapitulasi akhir KPU secara nasional rencananya akan keluar pada Rabu (22/5). KPU tetap akan menggunakan perhitungan manual berjenjang untuk memutuskan penetapan hasil Pemilu 2019.

Update: Dicek pukul 10.14 WIB, data C1 di TPS 04 Banjar Talela ini tak bisa diakses lagi.*

Detik )