KLIKTREND.com – Sempat dinyatakan bebas dari virus corona, kini Jokowi dan Menteri Kesehatan telah mengumumkan fakta adanya dua warga Indonesia yang terinfeksi virus tersebut.

Hal ini diumumkan secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara pada Senin (2/3).

Pasalnya kedua orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang terinveksi virus corona tersebut diungkapkan berasal tingal di Depok.

Warga terinfeksi virus corona
Gambar Ilustrasi/AyoBogor.com

TrendingJokowi Umumkan Dua WNI di Indonesia Positif Corona

Fakta Soal Warga yang Positif Virus Corona

Tertular WN Jepang

Presiden Jokowi mengonfirmasi dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona. Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia.

“Ternyata orang (WN Jepang, red) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3/2020).

Belum ada penjelasan soal lokasi tepatnya kedua orang Indonesia yang terjangkit virus Corona ini. Jokowi hanya mengonfirmasi bahwa mereka sudah dirawat di rumah sakit.

“Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona,” ujar Jokowi.

TrendingSembuh dari Virus Corona, Mahasiswa di Wuhan Beri Kesaksian yang Mengejutkan

Dirawat di RS

Jokowi mengatakan dua korban, ibu dan anak, yang positif Corona tersebut berada di rumah sakit.

“Ibu itu di Indonesia. Sudah di rumah sakit. Saya sampaikan bahwa yang (WN) Jepang bertemu dengan anaknya ibu yang umur 31 tahun dan ibunya 64 tahun itu ada di Indonesia,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Meski begitu, Jokowi mengklaim Indonesia sudah mempersiapkan antisipasi dari jauh hari untuk mencegah masuknya virus ini.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional,” katanya.

Ini pertama kalinya Indonesia memiliki kasus virus Corona. Sebelumnya, pemerintah menegaskan Indonesia masih nihil kasus Corona.

“Kita juga miliki reagen yang cukup. Kita juga miliki tim gabungan TNI Polri sipil dalam penanganan ini. Kita juga miliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada,” kata Jokowi.

TrendingTerungkap, RS Khusus Virus Corona di Wuhan Dibangun Arsitek Kelahiran Indonesia

Memiliki Anggaran yang Sudah Diprioritaskan

Tidak hanya mempersiapkan Rumah Sakit untuk merawat para penderita virus corona, pemerintah juga ternyata telah memiliki anggaran yang sudah diprioritaskan.

Hal ini sebagai bukti bahwa pemerintah sangat serius menangani persoalan virus corona yang telah menyebar di berbagai belahan dunia itu.

“Kita juga miliki anggaran dan sudah diprioritaskan. Karena kalau tidak serius, ini sangat berbahaya karena penyakit ini perlu kita waspadai,” ujar Jokowi.

TrendingVirus Corona Semakin Tersebar, Begini Kisah Pilu WNI di Kota Wuhan

Pelacakan WN Jepang

Dua orang ini terlacak positif terkena virus Corona setelah adanya pelacakan terhadap pergerakan warga Jepang.

“Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif Corona, tim dari Indonesia langsung telusuri,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3).

Jokowi menyatakan tim yang melakukan pengecekan terhadap WN Jepang tersebut kemudian mendapati siapa saja yang ditemui oleh warga negara Jepang ini.

Dari situ ditemukan dua orang, dengan hubungan ibu dan anak, dinyatakan positif Corona.

“Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi.

TrendingDua WNI Positif Terjangkit Virus Corona, Ini Kronologi Tertularnya

Tertular di Depok

Diketahui dua orang warga yang terinfeksi virus corona itu tartular dari WN Jepang yang berkunjung ke Depok.

“Terkenanya di rumahnya, rumahnya di Depok,” kata Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Menurut Menkes, dua orang itu disebut tinggal di Depok. Tempat tinggal keduanya sudah dicek.

“Rumahnya dicek, ibu dan anak. (Usia) 61 dan 31 tahun. Sudah melakukan isolasi rumah,” ujar Terawan.

Depok
Foto Kota Depok/Tempo.co

TrendingSetelah Konser dengan Ronan Keating, BCL Datangi Makam Ashraf

Dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Lebih lanjut, dua orang warga itu menurut Menkes kini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

“Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” kata Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Keduanya adalah ibu dan anak yang tertular WN Jepang. Mereka tertular di Jakarta, saat berinteraksi dengan WN Jepang itu. “Terkenanya di Depok,” kata Menkes Terawan.

RSPI
RSPI/TribunNews

TrendingDitemani Noah Sinclair Tampil di Konser Ronan Keating, BCL Ingat Ashraf

Rumah di Depok Diisolasi

Rumah tinggal kedua orang ini di Depok, Jawa Barat, diisolasi.

“Rumahnya dicek, ibu dan anak. (Usia) 61 dan 31 tahun. Sudah melakukan isolasi rumah,” kata Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Belum ada penjelasan soal lokasi detail rumah kedua orang itu. Namun dipastikan kedua orang itu kini sudah dirawat di rumah sakit.

“Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” kata Terawan.*