KLIKTREND. com – Seorang ABG perempuan di Sumsel melakukan aksi protes kepada pemerintah dengan berpose gaya model di lokasi jalan rusak.

Aksi protes ini dilakukan di Batumarta, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel) dengan seni fotografi anak muda. Mereka membentuk kelompok dan melakukan pemotretan dengan cara lucu dan unik agar direspons pemerintah.

Uniknya, ada yang berpose sedang memancing, berpose romantis sambil seolah duduk di tepi danau dan ada pula yang bermandi lumpur.



Baca juga: Kisah Cinta Syahrini dan Reino Hingga Reaksi Luna Maya

Mereka membuat pose di jalan rusak yang seperti kubangan. Lubang jalan rusak yang seperti kubangan tersebut seolah memberi ide kreatif bagi mereka. Pemotretan tersebut dilakukan oleh seorang fotografer bernama Robby Ari Sanjaya.

“Jalanan itu memang sudah lama rusak. Sudah lama tidak diperbaiki pemerintah setempat. Itu merupakan bentuk protes masyarakat yang sudah kesal karena ini tidak ada perbaikan jalan,” kata seorang warga, Syakirin Edo Lugan, Rabu (27/2/2019).

Dikatakan Lugan, jalan rusak itu berada tepat di daerah Lubuk Raja dan menjadi akses penghubung masyarakat menuju pusat pemerintahan OKU. Bahkan jalan itu setiap hari dilalui anak sekolah, petani, dan masyarakat sekitar.

“Iya salah satu akses utama, petani, anak sekolah semua lewat jalan itu. Itu sangat rawan orang kecelakaan. Terutama pada malam hari jadi rawan kejahatan,” imbuh Lugan.

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=2crKYcDXkc0″ videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]
Baca juga: Syahrini-Reino Resmi Menikah, Ini Tamu Ternama yang Hadir

Pemotretan Sudah Dipersiapkan dari Jauh Hari

Sementara itu, sang fotografer, Robby Ari Sanjaya, menyebut pemotretan dilakukan pada Minggu (24/2) pagi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, dia melibatkan anak muda yang ‘siap untuk malu’.

“Pemotretan itu sudah dipersiapkan dari jauh hari. Jadi ada empat anak muda di sini yang terlibat dengan berbagai peran serta berpose seperti beraktivitas sehari-hari. Mereka semuanya udah siap malu,” kata Robby.

Aksinya tersebut dilakukan karena kesal melihat kondisi jalan yang rusak dan tak kunjung diperbaiki. Sebagai aksi protes, Robby merencanakan aksinya itu secara matang.

“Sekitar seminggu saya persiapkan ide seperti itu. Ternyata banyak juga yang merespons, kemudian saya seleksi lagi untuk persiapan agar aksi protes sama seni bisa dipadukan dan sampai pada pemangku kebijakan,” katanya.

Aksinya ini, kata Robby, cukup berhasil karena jepretannya mendapat banyak respons dari masyarakat. Tidak jarang warganet ikut membagikan dan menanggapi fotonya yang diposting di media sosial.

“Responsnya banyak, luar biasa. Kadang cara-cara kreatif seperti ini justru cukup menarik perhatian masyarakat. Jadi ini bukan hanya dari pemerintah setempat, tetapi juga nasional dan saya berharap segera ada perbaikan jalan,” tutupnya.*

Detik )