Hot NewsHilang Dua Hari, Pendaki Gunung Andong Ditemukan dalam Jurang 30 Meter

Hilang Dua Hari, Pendaki Gunung Andong Ditemukan dalam Jurang 30 Meter

Kliktrend.com – Devi Andi Saputra (17), pendaki yang sempat hilang di Gunung Andong akhirnya berhasil ditemukan setelah dua hari terjebak di dalam jurang.

Andi sebelumnya dilaporkan hilang saat turun dari puncak Gunung Andong bersama empat orang rekannya pada Minggu (17/10/2021).

Baca Juga: Seorang Pendaki Dikabarkan Hilang di Gunung Andong

Berkat kerja keras tim SAR dan masyarakat setempat, Andi berhasil ditemukan setelah proses pencarian sempat dihentikan karena cuaca buruk.

Kronologi Kejadian

Mulanya, pendaki bernama Devi Andi Saputra (17) ke Gunung Andong bersama empat orang teman. Tak ada masalah saat berangkat mendaki pada Minggu lalu (17/10) sejak pagi.

Saat turun dari Puncak Gunung Andong, Devi Andi Saputra terpisah dengan empat temannya. Itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB di hari yang sama.

Menurut penuturan temannya, Devi kembali ke arah mata air yang sempat mereka singgahi tanpa pamit. Saat itu kondisi hujan.

Baca Juga: Tegas, Polri akan Pecat Kapolsek Parigi yang Setubuhi Anak Tahanan

Ditunggu 15 menit, namun Devi tak kunjung kembali. Dua orang temannya lantas menuju arah yang didatangi Devi. Namun, tak ada siapa-siapa usai mencari selama tiga jam.

Dua orang teman Devi lalu segera turun gunung dan melaporkan kepada warga sekitar.

Tim SAR langsung bergerak mengirimkan tim dari Unit Siaga SAR Borobudur untuk melakukan pencarian beserta dengan tim SAR gabungan lainnya.

Ditemukan di Jurang

Hilang Dua Hari, Pendaki Gunung Andong Ditemukan dalam Jurang 30 Meter
Foto: Kliktrend.com – Web/@tribunjabar

Hingga keesokan harinya, yakni Senin (18/10), Devi tetap tak ditemukan. Pencarian juga hanya dilakukan pada pagi dan siang hari karena sering hujan dan muncul kabut tebal di malam hari.

Tim tak berhenti dan terus melakukan pencarian. Warga setempat pun ikut mencari secara mandiri ke titik yang masih bisa dijangkau.

Baca Juga: Lagi! KPK Lakukan OTT di Riau, Bupati Kuansing Ditangkap

Hingga kemudian pada Selasa (19/10), Devi ditemukan. Tim menemukan Devi sekitar pukul 06.15 WIB dalam keadaan selamat.

“Ditemukan pukul 06.15 WIB, dalam kondisi selamat dalam kondisi lemas, tiduran, tak jauh dari lokasi dia dilaporkan hilang. Kemudian dievakuasi sampai bawah pukul 07.30 WIB,” kata Kapolsek Ngablak, AKP Sukamto, Selasa (19/10).

Keterangan Kepolisian

Hilang Dua Hari, Pendaki Gunung Andong Ditemukan dalam Jurang 30 Meter
Foto: Kliktrend.com – Web/@pikiranrakyat

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Heru Suhartanto mengatakan Devi ditemukan di jurang tak jauh dari lokasi terakhir dirinya dinyatakan hilang.

Kedalaman jurang sekitar 30 meter. Posisi jurang itu berada di antara Pos 2 Lama dan Pos 2 Baru jalur pendakian Gunung Andong.

Devi juga mengaku sempat menghubungi pihak keluarga di hari dia hilang. Dia mengabarkan berada di jurang dan minta dibawakan tali untuk naik.

Baca Juga: Ria Ricis Menangis, Teuku Ryan Hendak Batalkan Pernikahan

Kala itu warga dan tim pencarian sudah mendatangi lokasi tersebut namun tidak menemukan Devi.

Barulah pada Selasa pagi, tim mendengar suara dari bawah jurang tersebut.

“Pada Selasa pagi saat pencarian tim berteriak memanggil-manggil nama survivor di sekitar lokasi yang kemudian mendengar ada jawaban. Tim pun segera menuju lokasi asal jawaban dan menemukan survivor di dasar jurang dalam kondisi sehat,” lanjut Heru.*

Terkini