Trending Topic – Berita duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sudjiatmi Notomiharjo, Ibunda Presiden Jokowi dikabarkan meninggal dunia pada Rabu, 25 Maret 2020 pukul 16.45 WIB.

Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia dalam usia 77 tahun di Solo, Jawa Tengah.

Kabar tersebut dibenarkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. “Iya informasinya benar,” kata Pramono Anung ketika dihubungi wartawan pada Rabu (25/3/2020) sore.

Presiden Jokowi Memandangi jenazah sang ibunda
Presiden Jokowi Memandangi jenazah sang ibunda – Ist.

Hal yang sama diungkapkan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie.

“Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pukul 16.45 tadi,” ungkap Budi Arie dalam pesan tertulis kepada wartawan pada Rabu sore.

“Mohon doanya semoga almarhumah husnul khatimah,” ujarnya.

TrendingPangeran Charles Dikabarkan Positif Covid-19

Para Menteri Diminta Tak Datang Melayat

Jokowi meminta para menteri dan wakil menterinya di Kabinet Indonesia Maju untuk tak melayat ke Solo.

Pesan Presiden Jokowi tersebut disampaikan melalui Mensesneg Pratikno. Lewat pesan singkat di WhatsApp, Pratikno disebut menyampaikan pesan tersebut.

“Doa Bapak Ibu untuk Ibunda Presiden Jokowi yang wafat dari Jakarta saja. Mohon Bapak Ibu fokus pada tugas masing-masing,” demikian pesan Pratikno di WA.

TrendingCorona Merebak, PPFI Imbau Perusahan Berhenti Produksi Film

Pesan Pratikno itu pun dibenarkan Wamendes, Budi Arie Setiadi. Budi mengatakan Jokowi memberi arahan agar seluruh anggota kabinet tetap fokus menjalankan tugas dan tak melayat ke Solo.

“Betul. Arahan presiden yg disampaikan lewat Pak Mensesneg dan Menseskab agar seluruh anggota Kabinet tetap menjalankan tugas dan fungsinya. Karena pemakaman ini bersifat internal,” ungkap Budi saat dikonfirmasi Detikcom, Rabu (15/3/2020).

Seperti diketahui, ibunda Jokowi tutup usia di umur 77 tahun. Sudjiatmi meninggal di Rumah Sakit TNI (RST) Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta, Jawa Tengah. Jokowi saat ini juga sudah berada di rumah duka di Solo.

Siaran Pers Meninggalnya Ibunda Presiden Jokowi

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers terkait wafatnya sang ibunda, Rabu (25/3/2020) malam. Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia karena sakit kanker.

Berikut foto-foto suasana di rumah duka dan keterangan pers yang diberikan Presiden Jokowi.

Keterangan Pers Meninggalnya Ibunda Jokowi
Foto Detikcom

Presiden bersiap keluar rumah untuk memberikan keterangan pers terkait meninggalnya ibunda presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo.

Ibunda Presiden Jokowi meninggal dunia karena kanker
Foto Detikcom

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa sang ibunda, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia karena sakit kanker yang sudah diderita sejak empat tahun belakangan ini.

Trending: Grup Band Slank Galang Dana Untuk Pedagang Kaki Lima

Presiden Joko Widodo memeberikan keterangan pers di rumah duka
Foto Detikcom

Presiden Jokowi didampingi putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka beserta keluarga memberikan keterangan pers terkait wafatnya ibunda Presiden Joko Widodo di rumah duka, Sumberm Banjarsali, Solo, Jawa Tengah pada Rabu (25/3/2020) malam.

Suasana di rumah duka keluarga presiden Jokowi
Foto Detikcom

Menurut rencana, jenazah ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo akan dimakamkan di pemakaman keluarga pada Kamis (26/3/2020) siang.*