KLIKTREND.com – Tahukah anda jika jenggot pria memiliki potensi membawa kuman? Jika belum tahu, silahkan baca ulasan penemuan ilmuwan terkait perbandingan antara jenggot pria dengan bulu anjing berikut ini.

Tak dapat disangkal, bagi sebagian orang, memiliki jenggot mungkin menjadi daya tarik tersendiri. Tapi para ahli mengungkapkan fakta bahwa jenggot pria ternyata membawa lebih banyak kuman daripada bulu anjing.

Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian dari para ilmuwan yang meneliti secara khusus tentang jenggot dan bulu anjing.

Trending: Kejadian Unik Tentang Opick yang Bawa Rambut Nabi Muhammad

Jenggot Pria Lebih Berkuman Dibanding Bulu Anjing

Fakta yang mengatakan bahwa jenggot pria memiliki potensi banykanya kuman meungkin membuat orang terkejut. Namun hal tersebut muncul berdasarkan hasil riset dari para ilmuwan.

Untuk membuktikannya para ilmuwan dari Hirslanden Clinic di Swiss mengambil sampel dari jenggot 18 pria dan 30 hewan anjing. ANjing-anjing tersebut dikumpulkan dari berbagai ras, lalu membandingkan hasilnya.

“Para peneliti menemukan jumlah bakteri yang secara signifikan lebih tinggi dalam spesimen yang diambil dari jenggot pria dibandingkan dengan bulu anjing,” kata Profesor Andreas Gutzeit dilansir laman Health2.

Trending: Krisdayanti Ajarkan Berpuasa di Bulan Ramadhan Untuk Kedua Anaknya

Studi ini awalnya dilakukan untuk menemukan apakah manusia berisiko terkena penyakit yang ditularkan anjing dari pemindai MRI yang digunakan oleh dokter hewan atau tidak.

Sebaliknya ditemukan bahwa ada muatan bakteri yang jauh lebih tinggi dalam spesimen yang diambil dari jenggot pria dibandingkan dengan bulu anjing. Tujuh dari pria itu ditemukan memiliki mikroba yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Atas dasar temuan ini, anjing dapat dianggap bersih dibandingkan dengan pria berjanggut,” kata Gutzeit.

Namun sayangnya penelitian tersebut tidak berpengaruh pada lawan jenis. Dalam penelitian lain, bagi wanita pria berjanggut justru lebih terlihat seksi. Hasil survei itu membuktikan bahwa pria dengan jenggot yang penuh dinilai lebih seksi (dengan skala tertinggi) dibanding pria dengan dagu yang bersih dari jenggot.*

Viva )