Trending Topic – Sosok Mak Lampir masih menjadi cerita hangat di kalangan generasi 90-an hingga tahun 2000-an lantaran ketenarannya dalam Sinetron Misteri Gunung Merapi.

Namun adakah yang mengetahui sosok di balik layar yang berperan sebagai pengisi suara alias dubber Mak Lampir?

Melansir TribunNews pada Senin (7/7/2020) ternyata inilah sosok pengisi suara Mak Lampir dalam Sinetron Misteri Gunung Merapi.

TrendingKaryawan Nikita Mirzani Angkat Bicara Terkait Memanasnya Hubungan Nyai dengan Baim Wong

Sosok Dubber Mak Lampir

Jarang diketahui publik, sosok pengisi suara tersebut yang sempat jadi misteri yang melegenda akhirnya terungkap.

Bukan Farida Pasha sang pemeran Mak Lampir di sinetron Misteri Gunung Merapi ternyata diisi oleh Asriati, Dubber senior.

Sinetron Misteri Gunung Merapi sangat fenomenal dan populer di tahun 90-an. Yang berperan sebagai Mak Lampir dalam sinetron dibintangi oleh Farida Pasha.

Betapa tidak, publik dibuat merinding tiap kali suara tawa tersebut diperdengarkan. Ikon suara ketawa tersebut seolah tak lekang oleh waktu.

Misteri itu akhirnya terpecahkan hingga membuat publik heboh. Melalui akun TikTok-nya, Aktor Afdhal Yusman mengungkap siapa sosok asli di balik ketawa melegenda itu.

“anak tahun 2000an pasti tau suara ketawa ini,” tulis Afdhal Yusman.

Asriati
Asriati: Foto Tangkap Layar YouTube/Aji Darma Susanto

TrendingAkun Instagramnya Hilang, Begini Klarifikasi Kekeyi

Asriati, Pengisi Suara Mak Lampir

Dalam video, Afdhal membagikan momennya bersama pengisi suara ketawa dalam sinetron Misteri Gunung Merapi itu.

Bukan Farida Pasha, ketawa Mak Lampir itu rupanya diisi oleh Asriati. Dalam video tersebut, Asriati pun menyontohkan bagaimana suara asli ketawa Mak Lampir.

Dengan wajah cerita, Asriati pun memperdengarkan kembali suara ketawa itu. Aura horor terasa saat Asriati kembali memperdengarkan suara ketawa Mak Lampir.

Mengetahui fakta soal sosok ketawa tersebut, publik dibuat tak percaya.

Karena kebanyakan publik menyangka bahwa sosok yang ketawanya khas dalam Misteri Gunung Merapi itu adalah suara asli pemeran Mak Lampir, Farida Pasha.

inkastivania : Kirain ketawanya Farida Pasha beneran

allamyusufchairul_official : Ketawanya Khas banget yaa … Gak ada duanya

georgetakka : Kirain yang beneran tertawa itu faridha pasha bang tenyata dubbing juga

Mak Lampir dala Sinetron Misteri Gunung Merapi
Foto Tangkap Layar YouTube/Siti Suhaili

TrendingSule Singgung Ayah Kandung Bilqis, Begini Tanggapan Ayu Ting Ting

Mengenal Asriati 

Sosok Asriati yang menjadi pengisi suara di sinetron Misteri Gunung Merapi rupanya sudah tak asing lagi di dunia dubbing.

Dalam wawancaranya di kanal Youtube Aji Darma Susanto di tahun 2018, Asriati mengaku sudah terjun ke dunia sandiwara radio sejak tahun 1977.

Hingga akhirnya, karirnya melambung berkat menjadi pengisi suara di Misteri Gunung Merapi di tahun 1983.

Karir Asriati pun kembali meningkat kala menjadi pengisi suara di sinetron Dendam Nyi Pelet.

Selain itu, Asriati juga pernah menjadi pengisi suara di banyak sinetron. Seperti di Power Rangers, Ibu Ucrit di Unyil dan Yu Komprang.

Asriati juga mengaku pernah bermain film dengan Warkop. Namun peran yang dimainkan Asriati tetaplah menjadi hantu.

“Pernah ikut main sama Dono, Kasino. Banyak ya, saya main di bayangan Nona, tetap jadi hantu. Aku punya kostum. Nanti ada di everlasting,” kata Asriati dilansir Kliktrend.com, Selasa (7/7/2020).

Khusus kepada penggemarnya, Asriati meminta agar tidak pernah bosan mendengar suara khasnya.

“Para penggemar, jangan bosen sama suara saya. Karena penggemar itu nomor satu. Tanpa penggemar Aku enggak ada,” ucap Asriati seraya tertawa.

Asrianti berpenampilan sederhana dan tampak keibuan.  Selain mengisi suara sebagai Mak Lampir, ternyata Asriani juga mengisi berbagai suara di program lain.

Ia juga telah mengisi suara berbagai program di televisi, antara lain tokoh antagonis Rita Repulsa dalam serial anak Mighty Morphin Power Rangers.

Secara umum, sosok Mak Lampir masa dulu dan masa kini memiliki banyak persamaan. Wajah keduanya sama-sama hijau dengan rambut panjang berwarna putih.

Namun, ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Mak Lampir tahun 90-an berpenampilan dengan baju compang-camping, sedangkan kini terlihat mengenakan pakaian sedikit lebih mewah.*