KLIKTREND.com – Benar kata pepatah, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Ya, nama seseorang memang selalu dikenang oleh saudara dan orang yang ditinggalkan ketika seseorang pergi jauh dan bahkan meninggal.

Nama selalu disebut dalam setiap cerita apalagi jika nama tersebut adalah seorang tokoh yang terkenal. Setiap harinya, Google dipastikan memajang tokoh atau peristiwa penting di laman utama pencariannya.

Beberapa hari terakhir ini, google mengingatkan kita pada sebuah nama yang terkenal sebagai pebulu Tangkis ternama asal Indonesia, Minarni Soedarjanto.

Pada hari ini, Jumat (10/5/2019), Google Doodle memajang ilustrasi legenda pebulu tangkis wanita asal Indonesia, yakni Minarni Soedarjanto.

Trending: Ketika WhatsApp, Facebook dan Instagram Alami Gangguan, Ada apa?

Sejarah Pebulu Tangkis Indonesia Minarni Soedarjanto

Selain sebagai penghormatan kepada Minarni Soedarjanto, Google Doodle ini tampil di laman pencarian dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang ke-75.

Lantas, siapakah Minarni Soedarjanto? Minarni adalah salah satu pebulu tangkis ternama tanah air yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur, pada 10 Mei 1944 silam. Hari ini adalah bertepatan dengan perayaan ulang tahunnya.

Minarni sudah memulai bertanding pada usia 13 dan memenangkan gelar pertamanya di Kejuaraan Nasional 1959 di Malang, pada saat itu dirinya masih berusia 15 tahun.

Trending: Akhirnya Bertemu, Vanessa Angel Menangis di Pelukan Sang Ayah

Pada tahun yang sama, ia dipilih untuk masuk ke dalam tim nasional Indonesia, dan bersaing di turnamen bulu tangkis wanita kelas dunia, yaitu Piala Uber, demikian yang dikutip dari laman Google Doodle, Jumat (10/5/2019).

Meskipun Indonesia kalah pada 1960, Minarni memenangkan gelar tunggal dan ganda selama bertahun-tahun, termasuk kemenangan bersejarah dalam turnamen All England.

Dipasangkan dengan Retno Koestijah, Minarni memenangkan gelar All England pertama bagi Indonesia pada  968.Ia juga berhasil menjadi juara di US Open 1969 dan Canada Open di tahun yang sama.

Trending: Unggahan Pilu Febri Ardiansyah, Mantan Kekasih Vanessa Angel

Lebih lanjut, Minarni Soedarjanto adalah salah satu pebulu tangkis yang ikut bagian dari tim Indonesia yang bersaing untuk memperebutkan trofi Piala Uber pada tahun 1963, 1966, dan 1969.

“Sulit untuk pergi begitu saja, mengingat sudah 23 tahun bermain bulu tangkis,” katanya dalam sebuah wawancara pada 1972.

Meski sudah menjadi ibu dari tiga anak dan bertindak sebagai pemain-pelatih, dirinya menolak untuk pensiun tanpa memenuhi tujuannya.

Akhirnya, ia mampu mengalahkan pemain andalan asal Jepang, memenangkan piala Uber pertama bagi Indonesia, dan menjadi gelar terakhir dalam karirnya yang termasyhur. Terima kasih dan selamat ulang tahun ke-75, Minarni Soedarjanto.*

Liputan6 )