KLIKTREND.com – Debat putaran kedua menyongsong pilpres 2019 membahas tema khusus yakni pangan, energi dan air. Dalam debat tersebut, tidak ada kisi-kisi soal yang diberikan kepada para kandidat presiden seperti dalam acara debat putaran pertama.

Kedua kandidat presiden melakukan undian untuk mendapatkan pertanyaan yang telah disediakan, yang disambut dengan tepuk tangan para pendukung. Terlihat para pendukung dari kedua kandidat presiden begitu antusias memberikan dukungan.

Ada para pendukung yang menyaksikan langsung di studio, dan ada pula para pendukung yang menyaksikan jalannya debat melalui nobar.

Tak hanya itu, di media sosial, pada pendukung dari kedua kandidat presiden saling berkomentar terkait debat yang sedang berlangsung. Hampir seluruh baranda media sosial penuh dengan informasi seputar debat capres putaran kedua ini.

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=2IMPpeUavyw” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

Baca juga: Ledakan Terjadi di Luar Arena Debat Capres yang Kedua

Dalam debat kali ini, masing-masing kandidat menjawab pertanyaan yang diberikan panelis tanpa adanya bantuan kisi-kisi soal.

Pada debat putaran kedua yang terjadi pada Minggu, (17/2/2019) malam, Jokowi mengakui tak ada lagi kebakaran hutan dan lahan selama 3 tahun terakhir.

“Kebakaran lahan gambut tidak terjadi lagi dan ini sudah bisa kita atasi. Dalam tiga tahun ini tidak terjadi kebakaran lahan, hutan, kebakaran lahan gambut dan itu adalah kerja keras kita semuanya,” kata Jokowi, Minggu (17/2/2019).

Namun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki data lain terkait karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Indonesia.

BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana merekapitulasi bencana alam, termasuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Bahkan di tahun 2019 ini tercatat sudah terjadi beberapa kali karhutla.

Baca juga: Detik-detik Ledakan Saat Debat Capres yang Kedua

Data BNPB Terkait Kebakaran Hutan dan Lahan

Berikut ini data karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Indonesia menurut data BNPB:

– Tahun 2019 (hingga Februari): 5 kali kejadian karhutla, 1 orang hilang/meninggal dunia
– Tahun 2018: 370 kali kejadian karhutla, 4 orang hilang/meninggal dunia
– Tahun 2017: 96 kali kejadian karhutla, tak ada korban jiwa/hilang
– Tahun 2016: 178 kali kejadian karhutla, 2 orang hilang/meninggal dunia.

Data di atas menunjukkan bahwa, fakta tentang tidak ada kebakaran hutan selama tiga tahun terakhir seperti yang disampaikan oleh capres nomor urut satu berbeda dengan data BNPB.*

 

Detik )