Hot NewsKemenangan Tibo Monabesa di Ajang Holywings Resmi Tidak Diakui WBC

Kemenangan Tibo Monabesa di Ajang Holywings Resmi Tidak Diakui WBC

Kliktrend.com – Petinju asal Indonesia, Tibo Monabesa harus menelan pil pahit setelah pihak WBC tidak mengakui kemenangannya saat melawan Jayson Vayson.

Hal tersebut sekaligus membatalkan gelar juara dunia tinju kelas terbang ringan yang diraih Tibo Monabesa di Jakarta pada Minggu (27/2/2022) lalu.

Trending: 5 Fakta Tentang Dea, Artis OnlyFans yang Diundang Deddy Corbuzier

Tibo Monabesa sebelumnya menang lewat keputusan mayoritas. Juri Rocky Joe memberi nilai 95-93, Ricardo Simanungkalit memberi nilai 95-94, dan Teguh Tambunan memberi skor 94-94.

WBC Sebut Juri Tidak Netral


Keputusan itu tertuang dalam surat yang ditandatangani Presiden WBC Mauricio Sulaiman yang ditujukan kepada Presiden Asosiasi Tinju Indonesia (ATI), Manahan Situmorang.

Alasannya karena WBC menilai ada juri yang tidak netral karena semua berasal dari Indonesia. Wasit pun diketahui juga berasal dari Indonesia, yakni Philipus Elungan.

Trending: Nyinyir Lagi, Nikita Mirzani Heran Ada Orang Kaya Mendadak Dari Bisnis Skincare

“Komisi Ofisial WBC telah mengkaji kembali pertandingan Tibo Monabesa melawan Jayson Vayson. Dari 10 juri yang mengevaluasi pertandingan itu memutuskan kemenangan untuk Jayson Vayson dengan selisih angka besar,” bunyi pernyataan Sulaiman.

“WBC memutuskan pertandingan ini No Contest (tidak ada yang menang ataupun kalah) dan tidak mengakui kemenangan Monabesa,” jelas Sulaiman.

WBC Tawarkan Pelatihan untuk Juri dan Wasit

Kemenangan Tibo Monabesa di Ajang Holywings Resmi Tidak Diakui WBC
Foto: Kliktrend.com – Web/@detik

WBC juga menawarkan seminar atau pelatihan kepada juri dan wasit tinju asal Indonesia agar lebih baik dalam membuat keputusan.

“Kami akan senang memberikan seminar kepada juri dan wasit Anda via zoom dalam pengawasan WBC University yang bisa bermanfaat untuk kerja dalam keseragaman. Kami sangat menantikan tanggapan Anda,” kata Mauricio Sulaiman.

Promotor Tibo, Armin Tan ketika ditanya terpisah menilai surat dari WBC tak serta-merta membuat kemenangan Tibo menjadi batal.

WBC hanya memberi pilihan, dan keputusan mengakui atau tidaknya kemenangan Tibo tetap di tangan ATI.

Trending: 5 Janda Cantik yang Digosipkan Berhubungan dengan Ariel NOAH

“Dalam hal ini, ATI yang memutuskan gitu. Saya tak tahu menahu soal skor, saya hanya promotor dan tak tahu menahu masalah nilai. Siapapun yang menang, saya tak ambil pusing,” ujar Armin kepada detikSport.

“Katakanlah WBC meminta tarung ulang, gitu, ya bisa-bisa saja, kenapa tidak? Saya serahkan semua ke ATI.”

“Tapi bukan berarti mereka (WBC) nyatakan batal, tidak. Kalau ATI bersikukuh dengan kemenangan untuk Tibo, ya berarti dia tetap menang. Kalau ATI berkeyakinan mereka menilainya benar, ya maju saja,” jelas Armin.

Holywings Minta Kemenangan Tibo Monabesa Dianulir

Kemenangan Tibo Monabesa di Ajang Holywings Resmi Tidak Diakui WBC
Foto: Kliktrend.com – Web/@detik

Sebelumnya, penyelenggara ajang tinju yang mempertemukan Tibo Monabesa dan Jayson Vayson, Holywings mengirimkan surat ke WBC.

Hal tersebut dilakukan setelah warganet menghujat ajang tinju tersebut terutama soal adanya kejanggalan soal skor yang diberikan juri.

Dalam surat terbukanya, Holywings menyatakan keberatan terhadap hasil pertandingan tersebut pada Selasa (01/03) lalu.

Trending: 5 Potret Seksi Cupi Cupita Sebelum Berat Badan Turun 5 kg

“Kami Holywings dengan segala hormat menyatakan keberatan dengan keputusan dari hasil pertandingan Tibo Monabesa (Indonesia) Melawan Jayson Vayson (Filipina) di acara Holywings Sport Show 27 Februari 2022 di Holywings Club V Gatsu” ujar akun @holywingsindonesia.

Keputusan Holywings tersebut lantas menuai banyak apresiasi dari warganet yang menilai lebih baik kalah dari pada curang dan itu tidak akan memberikan masukan baik untuk tinju Indonesia.

 

Terkini