KLIKTREND.com – Tak hanya WhatsApp yang mengalami gangguan. Facebook dan Instagram juga mengalami hal yang sama. Facebook dan Instagram dilaporkan mengalami persoalan yang sama seperti dilaporkan media mancanegara.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, ketiga layanan yang bernaung di bawah Facebook itu dikabarkan tumbang bersamaan.

Karena kejadian itu, ada yang menduga hal tersebut terkait dengan adanya rencana integrasi ketiga layanan sehingga nantinya bisa saling berkirim pesan antar platform.

‘Facebook, Instagram, and WhatsApp are down for users around the world’ begitu laporan The Verge. ‘Facebook, Instagram and WhatsApp outages affecting social media users around the world’,  tulis ABC.

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=DcJdfk-VgKI” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

Trending: Heboh! Petinggi Facebook dan WhatsApp Mengundurkan Diri, Ini Persoalannya

Gangguan di Seluruh Dunia

Tak hanya di Indonesia yang mengalami gangguan. Gangguan WhatsApp, Facebook dan Instagram ternyata terjadi di seluruh belahan dunia.

“Facebook, Instagram dan WhatsApp semua mengalami gangguan bagi user di seluruh dunia. Facebook dan Instagram keduanya tidak bisa diakses, di mana news feed tidak bisa refresh dan domain Facebook.com tidak tersedia,” tulis The Verge.

Trending: Terungkap Pesan WhatsApp Mahfud Untuk Romahurmuziy Sebelum Terjaring OTT

Selain itu The Verge juga menjelaskan bahwa lantaran pesan WhatsApp tidak bisa berfungsi, user pun lari ke Twitter.

“Pesan WhatsApp tidak bisa dikirim maupun diterima dan user beralih ke Twitter untuk membagikan masalah tersebut,” tambah mereka.

Belum ada penjelasan dari Facebook terkait persoalan ini. Baru-baru ini ketika terjadi gangguan, Facebook menyatakan ada masalah terkait perubahan konfigurasi server dan mereka pun meminta maaf.*

Detik )