KLIKTREND.com – Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak resmi memimpin provinisi Jawa Timur . Keduanya resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur pada Rabu (13/2/2019).

Sebelum dilantik, Presiden Joko Widodo terlebih dahulu menyerahkan Surat Keputusan Presiden kepada Khofifah dan Emil di Ruang Kredensial, Istana Merdeka. Seusai penyerahan, acara dilanjutkan dengan pelantikan di Istana Negara.

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=7HwIrQb-IVA” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

Baca juga: Penangkapan Jelang Pilpres, Ridwan Saidi: Jokowi Takut

Pelantikan di Istana Negara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan presiden tentang pelantikan Khofifah dan Emil.

Setelah pembacaan surat keputusan presiden, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Berikut petikan kalimat yang diucapkan Khofifah dan Emil:

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.”

Selanjutnya, keduanya menandatangani Berita Acara Pelantikan. Acara kemudian ditutup dengan ucapan selamat dari Presiden, Wakil Presiden serta seluruh tamu undangan yang hadir kepada Khofifah dan Emil.

Kemenangan di Jawa Timur, Butuh 10 Tahun

Khofifah dan Emil merupakan pasangan gubernur dan wakil gubernur yang berhasil mengalahkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Golkar, NasDem, PPP, Hanura, dan PAN.

Baca juga: Prediksi Fadli Zon, Prabowo-Sandiaga Menang 63 Persen

Butuh 10 tahun hingga akhirnya Khofifah melangkah kian dekat hingga meraih kemenangan untuk duduk di kursi Jatim-1. Pada Pilgub 2008 dan 2014, ia kalah melawan pasangan Soekarwo-Gus Ipul.

Pada waktu itu mayoritas unggul di wilayah Jatim, antara lain Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Ponorogo, Pacitan. Selain itu, Trenggalek, Tulungagung, Kota Kediri, Jombang, Lamongan, Kota Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten/Kota Probolinggo.*