People & CelebSukses Jadi TNI, Begini Kisah Prada Budi dari Suku Anak Dalam

Sukses Jadi TNI, Begini Kisah Prada Budi dari Suku Anak Dalam

KLIKTREND.com – Sukses menjadi TNI, kisah perjalan hidup Prada Budi yang berasal dari Suku Anak Dalam penuh haru mengundang perhatian publik.

Perjalanan hidup salah satu pria yang berasal dari Suku Anak Dalam ini penuh insprasi bagi banyak orang.

Dilansir Kliktrend.com, dari Instagram @tni_angkatan_darat, pada Sabtu (20/9/2019), Prada Budi merupakan salah satu anggota TNI dari Suku Anak Dalam yang bertugas mengajar salah satu SD di perbatasan RI-RDTL.

Trending: Kisah Perjumpaan Pria Ini dengan Habibie Viral

Mengenal Suku Anak Dalam

Melansir Wikipedia, Suku Anak dalam atau yang dikenal juga dengan sebutan Suku Kubu atau Orang Rimba merupakan salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatra.

Mereka hidup tepatnya di Provinsi Jambi dan Sumatra Selatan. Mayoritas dari mereka  hidup di provinsi Jambi, dengan perkiraan jumlah populasi sekitar 200.000 orang.

Menurut tradisi lisan suku Anak Dalam merupakan orang Maalau Sesat, yang lari ke hutan rimba di sekitar Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duabelas.

Mereka kemudian dinamakan Moyang Segayo. Tradisi lain menyebutkan mereka berasal dari wilayah Pagaruyung, yang mengungsi ke Jambi.

Ini diperkuat kenyataan adat suku Anak Dalam punya kesamaan bahasa dan adat dengan suku Minangkabau, seperti sistem kekeluargaan matrilineal.

Secara garis besar di Jambi mereka hidup di 3 wilayah ekologis yang berbeda, yaitu Orang Kubu yang di utara Provinsi Jambi (sekitaran Taman Nasional Bukit 30), Taman Nasional Bukit 12, dan wilayah selatan Provinsi Jambi (sepanjang jalan lintas Sumatra).

Mereka hidup secara nomaden dan mendasarkan hidupnya pada berburu dan meramu, walaupun banyak dari mereka sekarang telah memiliki lahan karet dan pertanian lainnya.

Prada Budi, TNI dari Suku Anak Dalam
Prada Budi, TNI dari Suku Anak Dalam-Capture YouTube Om Gondrong

Trending: Berawal dari Saling Ejek, Begini Kisah Cinta Habibie dan Ainun

Prada Budi, TNI dari Suku Anak Dalam

Kisah Prada Budi kembali menundang perhatian publik lantaran memberi inspirasi tentang asalnya sebagai Suku Anak Dalam.

Meski berasal dari Suku Anak Dalam dan tinggal di tengah hutan, Prada Budi sukses menjadi anggota TNI hingga bisa menginspirasi di perbatasan.

Prada Budi juga menceritakan masa lalunya sebagai Suku Anak Dalam yang minim fasilitas, sehingga belajar hanya dengan menggunakan daun dan arang.

Namun kini, Prada Budi menjadi salah satu anak Rimba Jambi yang sukses menjadi Tentro atau Tentara.

Budi tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif 142/KJ dan mengajar anak-anak SD di Perbatasan RI-RDTL (Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste).

Saat mengajar murid-murid SD tersebut, Budi menceritakan pengalamannya di masa kecil yang hidup serba kekurangan.

Namun, ia kini menjadi anggota TNI, membuktikan bahwa keadaan tidak menentukan masa depan seseorang.

Prada Budi saat mengunjungi keluarganya
Prada Budi saat mengunjungi keluarganya/Capture YouTube SwarnaTV Official

Trending: Kisah Betrand Peto Pindah Sekolah ke Jakarta

Mengajar di SD Motaain, NTT

Kisah inspiratif yang dibawa Prada Budi dibagikan kepada anak-anak murid SD 1 Motaain Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pengalaman masa kecil Prada Budi disampaikan untuk memotivasi serta mencerdaskan anak-anak yang tinggal di daerah perbatasan tersebut melalui laman Instagram @tni_angkatan_darat.

Prada Budi merupakan salah satu dari dua orang Rimba Jambi yang dikenal dengan sebeutan Suku Anak Dalam (SAD) yang sukses menjadi “Tentro” atau tentara.

Bersama Prada Yogi, Budi dilantik menjadi prajurit TNI AD pada tahun 2017 silam dan telah bertugas di Satgas Pamtas Yonif Raider 143/KJ.

Video unggahan akun tersebut menggambarkan Prada Budi yang sedang berada di depan kelas menceritakan kisah pengalaman hidupnya.

“Kakak memperkenalkan diri kakak. Nama kakak Budi yang berasal dari Suku Anak Dalam,” ucap Prada Budi saat memperkenalkan diri di depan kelas.

“Suku Anak Dalam itu lebih parah dari sini, kakak belajar di hutan-hutan seperti yang ada di sana. Kakak dulu belajarnya di bawah pohon.

Kami pakai daun pakai arang nulisnya, tapi bisa seperti ini karena semangat belajar dan keinginan kuat” lanjutnya.

Prada Budi dijemput keluarganya
Prada Budi dijemput keluarganya/ Capture YouTube SwarnaTV Official

Trending: Kisah Pengantin Ditipu Wedding Organizer di Hari Pernikahan

Melalui kolom keterangan diterangkan bahwa Prada Budi memotivasi para siswa lantaran adanya permintaan dari pihak sekolah.

“Sesuai permintaan dari sekolah (Nalia Belac), Prada Budi dan tiga rekannya, disamping menjalankan tugas sebagai Pamtas, mereka pun diperintahkan Dansatgas (Mayor Inf Ikhsanudin) untuk membantu mengajar dan memotivasi anak-anak,” tulis @tni_angkatan_darat.

Tak hanya itu, Prada Budi juga berpesan agar para siswa mewujudkan citi-citanya dengan penuh semangat dan berkeinginan kuat.

Semua anak tampa tenang mendengarkan kisah yang diceritakan Prada Budi.

Melansir dari laman YouTube SwarnaTV Official, Prada Budi sempat pulang ke tempat asalnya yang berada di tengah hutan.

Prada Budi merupakan salah satu anak dari suku asli Jambi, Suku Anak Dalam (SAD) yang dulu tinggal di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Sarolangun, Jambi.

Ia tinggal di tengah hutan yang masih rindang dan jauh dari perkampungan. Kepulangan Prada Budi tampak disambut hangat oleh seluruh orang SAD.

Peristiwa mengharukan bahkan terjadi saat Prada Budi tiba di pondok tempat keluarganya berada.*

https://www.instagram.com/tv/B2nb4JYhznW/

Terkini