Hot NewsDitipu Pengemudi Ojol, Maia Estianty Ungkap Kronologi dan Identitas Pelaku

Ditipu Pengemudi Ojol, Maia Estianty Ungkap Kronologi dan Identitas Pelaku

KLIKTREND.com – Kabar mengejutkan datang dari Maia Estianty yang mengaku telah dua kali ditipu oleh pengemudi ojek online (Ojol). Hal tersebut diungkapkan ibu dari Al, El, dan Dul ini melalui akun Instagram pribadinya, Jumat (27/12/2019).

Dalam unggahannya, Maia Estianty menceritakan kronologi bagaimana aplikasi Gojek miliknya diretas. Ia juga melampirkan tiga foto bukti yang berisi nama, nomor handphone, serta alamat sang pelaku.

“Sudah kedua kalinya ditipu sama driver @gojekindonesia, gopay ke kuras 2x, gimana nih gojek?,” ujar Maia mengawali curhatannya di @maiaestiantyreal.

Maia Estianty Ungkap Kronologi Ditipu Driver Ojol
Kolase instastories Maia Estianty – @maiaestiantyreal

TrendingJarang Tampil di TV, 6 Seleb Ini Pilih Jadi Driver Online

Kronologi Maia Estianty Ditipu Pengemudi Ojol

Awalnya, Maia Estianty mengaku memesan makanan lewat aplikasi Gojek. Tiba-tiba saja, sang pengemudi menelepon dan mengatakan bahwa motornya mogok.

Maia kemudian diminta oleh pengemudi ojol tersebut untuk ganti pengemudi. Istri Irwan Mussry tersebut kemudian diminta untuk memasukkan kode.

Namun ternyata, kode tersebut adalah modus sang pengemudi untuk meretas data yang ada di telepon Maia Estianty.

“Guys, gw kemaren sempet ribet gara-gara gw lagi pesen GoFood pake GOPAY @gojekindonesia,” tulis Maia di keterengan foto unggahannya.

”Tiba-tiba tuh sopir ojol bilang motor mogok, terus dia call mau ganti rubah sopir, dia minta gw klik *21* 0821 78912261#,” tulisnya.

”Ternyata itu code kita sedang me-forward data telpon kita ke dia. Terus dia sok log in akun gw, gw dapet sms Code OTP dong, rupanya dia juga dapet data sms yg gw terima,” lanjutnya.

Maia pun tak memberikan kode tersebut. ”Tapi isi goPay gw kekuras… jumlah sih ga berapa… (rejeki insyaAllah ada lagi, amin),” tulis Maia.

TrendingBetrand Peto Video Call Ayahnya di NTT, Begini Penilaian Netizen

Menurut Maia, sebelum akunnya diretas, pengemudi ojol yang mendapat pesanannya tersebut sedang berada di Kemang, Jakarta Selatan. Namun, seketika lokasinya berubah sangat jauh.

Ada satu lagi yang membuat Maia geram. Setelah akun aplikasi Gojek miliknya diretas, akun aplikasi yang ada diponsel pintarnya ikut dibobol.

”Kayak Tokped, plus Whatsapp gw di delete dia. Alhasil gw ga bisa lagi pake WA,” tulis Maia.

Sang pelaku juga hampir menggunakan nomor kartu kredit Maia untuk membeli telepon genggam, tetapi Maia sudah buru-buru memblokir.

Gara-gara kejadian tersebut, Maia harus bersusah payah untuk memblokir rekening bank dan kartu kreditnya agar tidak dimanfaatkan oleh sang pelaku. Ia mengaku sangat kerepotan.

Maia meminta aplikasi Gojek untuk bertindak agar kejadian serupa tidak terulang. Menurut dia, aplikasi tersebut seharusnya sudah mengantisipasi hal-hal demikian.

Tanggapan Gojek atas Kejadian yang Menimpa Maia

Kejadian yang menimpa Maia ditanggapi oleh Senior Manager Corporate Affairs Gojek Alvita Chen melalui keterangan tertulis kepada wartawan.

“Kami telah menghubungi Ibu Maia Estianty mengenai kasus ini dan siap membantu agar penipu dapat diusut dan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian,” ujar Alvita Chen, Jumat (27/12/2019).

Perusahannya, kata Alvita, tak pernah meminta kode apa pun saat sedang bertransaksi dengan pelanggan.

“Baik perusahaan, mitra Go-Jek maupun GoFood tidak pernah meminta kode apapun lewat cara apapun. Jika ada keraguan, silahkan hubungi customer service kami yang beroperasi 24 jam sehari,” sambungnya.

Kronologi Maia Estianty Ditipu Pengemudi Ojol
Keterangan tentang si pelaku – @maiaestiantyreal

Trending7 Selebriti Indonesia yang Kariernya Berjaya di Luar Negeri Pada Tahun 2019

Alvita juga mengecam keras tindakan mitranya bernama Yusdi Alamsyah yang diduga sudah meretas akun Maia Estianty.

“Keamanan pengguna dan mitra adalah prioritas kami dan kami mengecam kasus penipuan berbasis social engineering yang menimpa Maia Estianty dan mitra Go-Jek, Yusdi Alamsyah,” kata Alvita Chen.

“Dengan ini kami juga terus mengingatkan pengguna dan mitra Go-Jek untuk selalu mengecek kembali jika dihubungi oleh pihak yang mengaku dari Go-Jek atau mitra Go-Jek,” imbuhnya.*

Terkini