KLIKTREND.com – Kisah seorang mahasiswa yang menjalani sidang skripsi online melalui video call, beredar viral di media sosial. Ia bernama Achmad Mustofa, mahasiswa semester 8 Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Jika umumnya sidang skripsi dilakukan di kampus dan bertatap langsung dengan dosen penguji, Mustofa justru mengikuti sidang skripsi secara online melalui video call.

Kisahnya viral setelah pertamakali diunggah oleh akun Instagram @aslisuroboyo, Kamis (19/3/2020) lalu. Hingga Sabtu (20/3/2020) pagi, unggahan itu telah dilihat 365,858 kali dan mendapat 3.735 komentar dari pengguna akun Instagram.

Achmad Mustofa, mahasiswa semester 8 Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Surabaya
Achmad Mustofa – @aslisuroboyo

TrendingBetrand Peto Dapat Hadiah Mewah dari Via Vallen, Harganya Fantastis

Jalani Ujian Skripsi Online Lewat Video Call

Sebelum sidang skripsi online itu digelar, Mustofa bercerita bahwa dirinya dibantu empat orang “kru” untuk menyiapkan semua persiapan yang dibutuhkan.

Empat orang temannya itu, yakni Feri, Dani, Ibnu, dan Alif, menyiapkan semua properti yang dibutuhkan, seperti meja, kursi, lampu penerangan, hingga melakukan gladi kotor sebelum berhadapan dengan tiga dosen pengujinya.

Lantaran inde kos Mustofa hanya terdapat lemari, kasur dan kipas angin, ia pun terpaksa menggunakan rak sepatu dan disulap menjadi sebuah meja.

Adapun kursi yang dipakai Mustofa sebenarnya adalah sebuah toples krupuk.

TrendingSoal Liburan Krisdayanti, PDI-P: Mungkin Dia Belum Sadar Sudah Jadi Politisi

“Aslinya itu rak sepatu, atasnya buat naruh sabun dan lain-lain. Karena enggak ada meja kursi di kos. Kursinya pakai toples besar biasanya tempat krupuk, tak jadikan kursi dadakan,” ujar dia tertawa.

Teman-temannya yang iseng, kemudian meletakkan sejumlah botol, salah satunya adalah botol sabun cair, di atas rak sepatu yang dijadikan meja, sesaat sebelum sidang skripsi dimulai.

Botol-botol itu berhimpitan dengan smartphone merek iPhone Mustofa yang akan digunakan untuk video call dengan tiga dosen pengujinya.

“Jadi pas mau mulai (sidang skripsi), eh (botol) ditaruh di meja dadakan he-he-he,” kata Mustofa.

Meski demikian, ia mengakui ada banyak yang harus disiapkan ketika mengikuti sidang online, meliputi properti seperti meja dan kursi hingga internet yang stabil.

Mahasiswa Ini Jalani Ujian Skripsi Online
Mustofa bersama rekan-rekannya usai jalani ujian skripsi online – @mus_mustofa

TrendingMaia Estianty Tinggal Beda Rumah Dengan Suami, Ada Apa?

Namun, Mustofa melanjutkan, sidang skripsi yang dilakukan, baik secara online maupun offline, sama-sama menuntut mahasiswa untuk fokus dan harus serius memaparkan hasil karya tulis ilmiah di hadapan dosen penguji.

“Meski (sidang skripsi online) lebih rileks, saya menahan ketegangan juga di hadapan penguji dan sampai keringetan kemarin,” kata dia.

“Alhamdulillah, senang sudah sidang skripsi, plong!” ujar Mustofa menambahkan.

Mustofa sebenarnya bukan mahasiswa Unesa pertama yang menjalani sidang skripsi secara online. Sehari sebelumnya, sudah ada mahasiswa Unesa yang mengikuti sidang skripsi via online.*