KLIKTREND.com – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin, mengungkapkan, keterlaluan jika warga Cirebon dan Jawa Barat (Jabar) tidak memilih dirinya yang merupakan keturunan Jawa Barat.

“Kalau ada orang Cirebon, orang Jabar, tidak milih calonnya yang turunan Cirebon dan Jawa Barat, innalillahi wainna illaihi rojiun. Kelewatan. Pokoknya kalau sampai tidak milih, kelewatan,” ujar Ma’ruf seperti dilansir¬†Tempo, Senin (25/2//2019).

Mantan Ketua MUI itu menyebut dirinya adalah keturunan Jawa Barat kedua yang menjadi calon wakil presiden. Sebelumnya, ujar Ma’ruf, ada wakil presiden keturunan Sunda, yakni Umar Wirahadikusumah.

“Kalau dulu jadi wapres adalah Jawa Barat yang jenderal, sekarang yang menjadi cawapres yang Jawa Barat adalah kiai,” ujar Ma’ruf.

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=brW6qeg88yI” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

Baca juga:¬†Keluarkan Fatwa 212, Ma’ruf Heran Tak Diundang ke Munajat 212

Pada 2014 Jawa Barat menjadi tempat kekalahan Jokowi-Jusuf Kalla. Saat itu Jokowi-JK hanya mendapat 40,22 persen suara dan cuma unggul di empat kabupaten/ kota, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, dan Subang. Sementara itu, lawannya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, menang di 22 kabupaten/kota.

Menurut Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Maman Imanulhaq, kekalahan pada 2014 lalu membuat Jokowi memberi perhatian khusus pada Jawa Barat.

Kekalahan itu pula, kata dia, yang menyebabkan Jokowi lebih sering tinggal di Istana Bogor sejak dilantik pada Oktober 2014.

Baca juga: Uskup Maumere: Saya Tahu, Pak Sandi Orang Baik

Adapun safari Ma’ruf Amin selama lima hari di provinsi Jawa Barat diakui merupakan upaya untuk mengunjungi pemilih di kabupaten yang belum terjamah oleh pasangan calon nomor urut 01 itu.

Selain di Cirebon, Ma’ruf dijadwalkan akan mengunjungi wilayah Banjar, Pangandaran, Kuningan, dan Ciamis.

“Belum semua kami kunjungi. Kuningan belum juga, Banjar nanti kami kunjungi, Ciamis belum, Pangandaran nanti kami kunjungi. Jadi memang ini menyasar daerah-daerah yang belum,” ujar Ma’ruf Amin.*

(Tempo)