KLIKTREND.com – Perjalanan cinta Habibie dengan sang kekasih, Ainun masih menjadi bagian dari kenangan tidak terlupakan walau mereka telah tiada.

Cinta Habibie kepada Ainun pun tak diragukan lagi.  Sang istri yang pergi mendahuluinya tahun 2010 silam membuat sang teknokrat dirundung pilu yang berkepanjangan.

Namun, adakah yang tahu jika sebelum mengenal Ainun, Habibie sudah mempunyai kekasih? Berikut ini ulasannya.

Trending: Intip Rumah Kelahiran BJ Habibie di Kota Parepare

Kekasih Habibie Sebelum Ainun

Nama kekasih Habibie sebelum Ainun adalah Ilona, asal Polandia. Kedekatan BJ Habibie dengan Ilona ini terjadi saat dirinya kuliah di Jerman.

Sosok Ilona yang menjadi teman dekat BJ Habibie mungkin belum banyak yang tahu. Namun sosok Ilona pernah disinggung saat BJ Habibie diundang di Mata Najwa.

Acara yang dipandu oleh Najwa Shihab itu berhasil menguak cerita Habibie dan teman-temannya semasa dia masih berkuliah di Jerman.

Lalu tersebutlah sosok Ilona Lanovska, wanita keturunan Polandia yang dekat dengan BJ Habibie.

Mengenal Sosok Kekasih Habibie Sebelum Bertemu Ainun
Kolase foto/Grid ID

Trending: Kenangan Penjaga Makam Ainun Tentang BJ Habibie

Cerita Tentang Kekasih Habibie 

Najwa dengan gayanya yang khas berusaha membuat Habibie menceritakan sosok kekasih Habibie sebelum Ainun.

“Saya masih tertarik soal Ilona sebelum kita masuk ke yang lain. Karena belum banyak yang tahu Ilona. Pak habibie blak-blakan lah malam ini tentang Ilona,” kata Najwa Shihab.

Mendengar hal itu penonton langsung bersorak. “Ada fotonya juga Pak Habibie,” cecar Najwa Shihab.

“Iya. Jadi Ilona itu, Ilona itu…..” ujar BJ Habibie.

Kembali Najwa menggodai Habibie yang saat itu terlihat kikuk. “Jadi, Ilona itu pacar Pak Habibie atau bukan,” tanya Najwa Shihab lagi.

“Ilona itu, yang di tengah itu, memang waktu itu pacar saya,” jawabnya.

“Pacar,” goda Najwa Shibab.

“Ya jelas dong,” kata Habibie dengan santai.

Penonton yang mendengar jawaban itu, kembali tertawa dan bertepuk tangan. Cucu Habibie yang saat itu berada di studio, Melanie Subono juga ikut tertawa.

“Tetapi kalau dikatakan pacar pertama enggak bener. Saya bohong. Hahahahaha. Karena sebelumnya saya kenal yang lain, cantik-cantik juga,” jawabnya.

Lalu Najwa Shihab pun menyampaikan kemiripan Ilona dengan Kim Novak. Kim Novac sendiri adalah bintang film Picnic yang populer pada zaman itu.

“Cantik-cantik. Ini, saya dengar dari Pak Habibie Ilona mirip Kim Novac ya Pak. Bintang film ini. Cantik sekali. Ma sama Pak Habibie ya,” kata Najwa Shihab lagi.

“Ya saya tidak tahu, mungkin…..mungkin,” kata Habibie.

Najwa pun penasaran kira-kira hal apa yang membuat Ilona tertarik pada Habibie muda. “Kenapa kira-kira mau sama Pak Habibie waktu itu,” tanya Najwa Shihab lagi.

Habibie beralasan mungkin dia dan Ilona dekat karena seringnya mereka bersama.

“Ya mungkin karena kita sering ketemu, kita sering diskusi, ya kita kenalan, yang kenalkan saya itu yang punya tempat di mana saya kos,” katanya.

Trending: 12 Kata-kata Bijak BJ Habibie yang Sangat Manginspirasi

Sosok Ilona

Seperti apakah sosok kekasih BJ Habibie, Ilona? Dalam wawancara tersebut, Habibie lalu menjelaskan seperti apa sosok Ilona itu.

“Ilona itu berusaha mencegah saya agar tidak kembali ke Indonesia. Dia begitu. Dia bilang ah ngapain kamu kembali ke Indonesia. Indonesia gak bisa berikan apa-apa sama kamu. Kamu di situ gak bisa berkembang. Kamu bikin kapal terbang, mereka gak ngerti,” papar BJ Habibie.

Rupanya banyak teman-teman kuliah Habibie yang berasal dari Indonesia tak setuju dengan kedekatan Habibie dan Ilona.

Mereka merasa Ilona memberi pengaruh buruk bagi Habibie. “Saya rasa, hampir semua tidak setuju. Dia sabote itu terus,” katanya.

Rekan kuliah Habibie, Leila Z. Rahcmantio bahkan menyindir langsung Habibie. “Saya rasa, hampir semua tidak setuju. Dia sebut itu terus,” katanya pada Najwa Shihab.

Kala itu rupanya BJ Habibie tak terima dan membalas sindiran tersebut.

“Tapi alasannya kalau perempuan bule ini pinter. Loh, kalau saya tidak pinter, saya tidak kuliah di Jerman,” kata Leila.

Teman-teman Habibie pun makin khawatir dengan hubungan Ilona dan Habibie. Mereka kemudian mengadukan hal ini pada Ibunda Habibie yang berada di Indonesia.

“Ada yang menulis surat ke Ibu Habibie. Beliau jadi risau dan akhirnya datang ke Jerman,” ungkapnya.

“Tanya ke saya juga, apa betul Ilona itu serius dengan Rudy. Ya teman, memang teman. Dibawa ke mana-mana. Kalau ada pertemuan atau pun kalau nonton, yang selalu dibawa Ilona. Tidak pernah sama cewek lain,” lanjut Leila.

Habibie, Ilona dan para sahabatnya
Kenangan Habibie bersama Ilona – Foto Grid.ID

Ibunda Habibie pun mencari cara bagaimana memisahkan putranya dan Ilona. Iapun meminta saran pada Leila.

Leila lalu menyarankan Habibie untuk mengambil cuti kuliah. Saran itupun coba diikuti. Dan saat itulah Habibie bertemu dengan Ainun.

Belahan jiwanya yang dia cintai hingga akhir hayat.

“Terus di Indonesia sediain aja cewek-cewek Indonesia yang cantik-cantik. Itu sudah diatur almarhum Fani, yang nyediain. Dan betul-betul yang pertama dipertemukan adalah Ainun. Langsung jatuh cinta,” jelas Leila disambut tepuk tangan penonton.

Nampaknya sama dengan Najwa Shihab penonton juga merasa penasaran dengan sosok Ilona.*