KLIKTREND.com – Banyak yang belum mengetahui jika rumah kelahiran BJ Habibie berada di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Kepergian salah satu tokoh nasional yang telah menginspirasi banyak orang ini meninggalkan duka bagi Bangsa Indonesia.

Diketahui, Bahrudin Jusuf Habibie meninggal pukul 18.03 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada Rabu (11/9/2019).

Presiden ke-3 RI ini dikuburkan di Taman Makam Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019). Namun adakah yang tahu jika BJ Habibie lahir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan?

Trending: Kenangan Penjaga Makam Ainun Tentang BJ Habibie

Rumah Kelahiran BJ Habibie di Kota Parepare

Seperti yang diberitakan sebelumnya, presiden ke-3 RI ini lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936.

Ia adalah anak keempat dari delapan bersaudara dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

Ayahnya berasal dari Gorontalo sedangkan ibunya berasal dari etnis Jawa. Ayahnya, memiliki marga “Habibie”, salah satu marga asli dalam struktur sosial Pohala’a (Kerajaan dan Kekeluargaan) di Gorontalo.

Sedangkan ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardojo adalah anak dari seorang dokter spesialis mata di Jogjakarta.

BJ Habibie meninggal dunia tepat di usia 83 tahun. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh putra bungsunya, Thareq Kemal Habibie.

Kepergian Habibie meninggalkan banyak kenangan yang melekad di sanubari rakyat indonesia.

Selain karena perna menjabat sebagai Presiden ke-3 RI, Habibie juga adalah salah satu putra terbaik bangsa yang jenius di bidang teknologi.

Meninggalnya sang teknokrat menjadi duka untuk seluruh warga Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Bagaimana tidak, BJ Habibie lahir dan menghabiskan masa kecilnya di kota tersebut. lahir pada 25 Juni 1936 dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

Ia merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dan ayahnya berprofesi sebagai ahli pertanian.

Selama ayahnya bertugas, keluarga BJ Habibie mendiami rumah yang kini beralamat di Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Dilansir Kliktrend.com dari tayangan Breaking iNews yang diunggah kanal YouTube Official iNews pada Kamis (12/9/2019), setelah beberapa tahun mendiami rumah tersebut, BJ Habibie harus ikut pindah ke Surabaya.

Rumah Habibie bagian depan
Tangkap layar YouTube Official iNews

Trending: Berawal dari Saling Ejek, Begini Kisah Cinta Habibie dan Ainun

Rumah Habibie Akan Dijadikan Museum

Rumah tempat kelahiran BJ Habibie ini telah menjadi aset Kementerian BUMN, yang dimanfaatkan sebagai rumah dinas PT BNI’46.

Namun Pemerintah Kota Parepare berencana menjadikan rumah tersebut sebagai museum BJ Habibie.

Diberitakan bahwa Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, berencana untuk mempercepat rapat bersama jajarannya untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Mendengar meninggalnya Bapak BJ Habibie kami mempercepat rapat di Bappeda bersama Tim KPK,” Jelasnya, pada Rabu (11/9/2019).

Wali Kota Parepare bahkan telah mengunjungi dan melihat langsung rumah tersebut.

“Kami berkunjung ke sana untuk melihat rumah itu. Rumah kelahiran Habibie rencananya akan dibuat Museum Habibie satu satunya di dunia,” lanjut Taufan dengan sedih.

Taufan Pawe mengaku sangat terinspirasi dari sosok Habibie. Dirinya telah membuat Monumen Habibie Ainun dan sejumlah gedung bernamakan Habibie.

“Saya telah membangun Monumen Habibie Ainun, Balai Habibie Ainun,”

“Dalam proses juga Institute Teknologi Habibie, juga dalam proses Rumah Sakit Asri Ainun Habibie,” pungkas Taufan. Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Rumah Habibie
Tangkap layar YouTube Official iNews

Trending: BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD Gatot Soebroto

Keluarga Habibie

B.J. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962 di Rangga Malela, Bandung.

Akad nikahnya dengan Ainun digelar secara adat dan budaya Jawa, sedangkan resepsi pernikahan digelar keesokan harinya dengan adat dan budaya Gorontalo di Hotel Preanger.

Ketika menikah dengan Habibie, Ainun dihadapkan dengan dua pilihan, memilih untuk tetap bekerja di rumah sakit anak-anak di Hamburg atau berperan serta berkarya di belakang layar sebagai istri dan ibu rumah tangga.

Dari pernikahannya dengan Ainun, mereka dikarunia dua orang anak yakni Ilham Akbar
dan Thareq Kemal.

Pada era pemerintahannya yang singkat ia berhasil memberikan landasan hukum bagi Indonesia, yakni melahirkan UU Anti Monopoli atau UU Persaingan Sehat, perubahan UU Partai Politik dan yang paling penting adalah UU otonomi daerah.

Selain itu, ia juga merupakan presiden yang pernah membuat keputusan yang sangat menggemparkan publik. Hal ini berkaitan dengan lepasnya Tim Tim (Timor Leste) dari NKRI.*