Soal Hujan di Mandalika, BMKG: Berhenti Bukan Karena Pawang

Soal Hujan di Mandalika, BMKG: Berhenti Bukan Karena Pawang
Foto: Kliktrend.com - Kolase/@cnnindonesia

Kliktrend.com – Rara Istiani Wulandari masih menjadi perbincangan publik setelah dinilai berhasil meredakan hujan saat gelaran MotoGP Mandalika 2022 pada Minggu (20/3/2022).

Aksi pawang hujan asal Bali tersebut mendadak viral setelah tampil secara jelas di tengah lintasan balap sambil membacakan mantra agar hujan berhenti.

Trending: Selama Nikah, Puput Tidak Tahu Apa Pekerjaan Doddy Sudrajat

Setelah video tersebut beredar, pro dan kontra kemudian bermunculan. Sejumlah pihak bahkan ada yang mengecam namun tidak sedikit pula yang memuji Rara.

BMKG Buka Suara


Setelah viral, BMKG akhirnya buka suara. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyebut sosok pawang hujan adalah kearifan lokal yang sulit dibuktikan secara sains.

“Ya sebenarnya kalau dilihat pawang hujan itu adalah suatu kearifan lokal yang dimiliki masyarakat. Secara saintis itu sulit untuk dijelaskan,” kata Guswanto.

Guswanto menambahkan BMKG sudah memprediksi soal prakiraan cuaca di Mandalika yang akan turun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Trending: Krisdayanti Ungkap Alasan Cerai dengan Anang Karena Masalah Ranjang

“Namun untuk BMKG sendiri sebenarnya memiliki (prakiraan) sendiri. Kalau kita lihat fenomenanya kemarin sejak 3 hari yang lalu tanggal 17, 18, 19 itu sudah diprakirakan BMKG bahwa di Mandalika itu akan terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai lebat” ungkapnya.

“Kemudian tanggal 20 diperkirakan juga hujan lebat disertai badai petir, kenapa perkiraannya itu? Karena pada waktu itu terjadi bibit siklon tropis 93F yang dampaknya itu memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di Mandalika,” ujarnya.

Hujan Berhenti Bukan Karena Pawang

Foto: Kliktrend.com – Web/@suara

BMKG juga menyebut berhentinya hujan bukan dikarenakan pawang hujan. Namun memang durasi hujannya telah selesai.

“Dan buktinya, kan dari awal pawang itu sudah bekerja, tapi kan nggak berhenti juga. Artinya itu jadi sebenarnya kemarin waktu berhentinya itu bukan karena pawang hujan, karena durasi waktunya sudah selesai” terang Guswanto.

Trending: 5 Potret Seksi Angie Ang, Presenter yang Diisukan Dekat dengan Marc Marquez

Menurut Guswanto, BMKG sudah memprediksi sejak awal bahwa hujan memang akan berhenti pukul 16.15 WITA dan hanya akan menyisakan rintik-rintik.

“Kalau dilihat prakiraan lengkap di tanggal itu memang selesai di jam itu. Kira-kira jam 16.15 itu sudah selesai, tinggal rintik-rintik itu bisa dilakukan balapan kalau dilihat dari prakiraan nasional analisis dampak yang kita miliki BMKG,” ujarnya.*

Exit mobile version