KLIKTREND.com – Warganet dihebohkan dengan perbincangan mahar 2 miliar penyanyi muda (18) asal NTT, marion Jola. Namun Marion menjelaskan kepada publik bahwa nilai mahar untuk mempersunting dirinya tidak sebanyak yang dibayangkan kekasihnya Julian Jakob.

Marion Jola mengatakan bahwa mahar Rp 2 miliar itu hanya candaan orangtuanya kepada Julian. Marion mengatakan bahwa orang tuanya hanya bercanda dengan Julian saat berkunjung ke Kupang, NTT di awal Januari 2019 lalu.

Itu (soal) mahar gini loh, enggak semahal itu, enggak segede itu kok,” ucap Marion dalam sebuah acara di Mall Ciputra, Jakarta Barat, baru-baru.

Baca juga: Ini Daftar Selebritas Indonesia yang Meragukan Pernikahan Reino-Syahrini

Marion mengatakan bahwa tradisi mahar dalam budaya Sumba disebut Belis dan sudah ada sejak dahulu, namun kekasihnya baru mengetahui itu.

Kata Marion, Belis merupakan salah satu syarat yang umum diterapkan oleh banyak orangtua di kampung halamannya.

“Untuk menikahi gadis Sumba ada tradisi namanya Belis. Belis itu kalau mau ngambil (menikahi) anak saya. Seperti bentuk ‘saya bisa, saya mampu untuk menjaga anak kamu,” ucap pelantun lagu “Jangan” ini.

Marion mengatakan tradisi belis, merupakan salah satu bentuk penghargaan tergadap seorang perempuan yang akan dipersunting oleh lelaki idamannya.

“Cara dimana laki-laki membuktikan dia siap untuk menjaga anak perempuan (yang akan dinikahi), karena enggak sembarangan kasih anak perempuan (untuk dinikahi),” ungkap Marion.

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=45xr_aS8hpk” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

Baca juga: Ini Alasan Syahrini dan Reino Menikah Secara Tertutup

Julian Jakob: Gue harus ngumpulin duit dulu

Dalam sebuah wawancara sebelumnya, Julian Jacob mengungkap bahwa mahar untuk menikah dengan Marion Jola mencapai Rp 2 miliar.

“Terus kalau mau nikahin Marion itu Belis-nya (mahar) sekitar Rp 2 miliar kalau enggak salah,” kata Julian.

“Jadi, dia kan orang Kupang dan Sumba gitu kan dan terus itu ada belisnya (mahar), yang kayak gue harus beli berapa kerbau, kuda, babi, gue kemarin sudah ditakut-takutin tuh. Berarti gue harus ngumpulin duit dulu,” tambahnya.

Marion dan Julian sendiri dikabarkan mulai menjalin hubungan asmara sejak Desember 2018 lalu.*

Kompas )