KLIKTREND.com – Sosok Gus Miftah yang adalah seorang ulama, serentak menjadi perbincangan publik bersamaan dengan proses mualaf Deddy Corbuzier.

Diketahui, Gus Miftah adalah sosok yang membimbing Deddy Corbuzier dalam proses mualafnya.

Berbeda dengan ulama lainnya, Gus Miftah justru tampil santai dengan rambut gondrongnya. Siapakah Gus Miftah? Berikut ini faktanya.

Trending: Ini Nama Islam yang Diberikan Ma’ruf Amin kepada Deddy Corbuzier

Ulama yang Membimbing Deddy Corbuzier 

Kelahiran Lampung

Meski dikenal sebagai ulama asal Jogja, Gus Miftah nyatanya merupakan kelahiran Lampung. Bernama asli Miftah Maulana Habiburrahman, Gus Miftah lahir pada 5 Agustus 1981 silam.

Mengutip Wikipedia, perjalanan dakwahnya baru dimulai ketika ia berusia 21 tahun selepas menimba ilmu agama di pondok pesantren Nahdlatul Ulama. Kini, ia menjadi pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Yogyakarta.

Sering tampil nyentrik

Sosok Gus Miftah tentunya tak bisa dilepaskan dari tampilannya yang nyentrik. Lazimnya, pemuka agama tampil rapi dengan rambut cepak berbalut surban ataupun peci, namun berbeda dengan Gus Miftah.

Pasalnya, ia justru identik dengan rambut gondrong serta blangkon hitam yang kadang ia padukan dengan kacamata hitam.

Trending: Ini Alasan Deddy Corbuzier Minta Proses Mualaf di Pesantren Gus Miftah

Dikenal sebagai pendakwah kaum marjinal

Dalam berdakwah, Gus Miftah pun memilih pendekatan tak biasa lantaran sering memberikan siraman rohani kepada pekerja kelab malam dan lokalisasi. Tak pelak, sebutan pendakwah kaum marjinal pun melekat padanya.

Dalam wawancara yang dilansir Tribun Jateng (20/6/2019), Gus Miftah pun beralasan ia ingin memberikan kesempatan yang sama bagi kaum marjinal.

“Saya memberikan kesempatan dan peluang supaya mereka bisa merasakan sama dengan yang kita rasakan. Terutama kaitannya dengan persoalan rohani,” ujarnya dilansir Tribun Jateng.

“Kesempatan mereka untuk ngaji terbatas. Maka saya jemput bola ke sana,” ia menambahkan.

Trending: Proses Mualaf Deddy Corbuzier Batal Disiarkan Langsung, Ini Alasannya

Namanya jadi viral usai berdakwah di kelab malam di Bali

Usaha Gus Miftah untuk menyebarkan agama ke kaum marjinal pun akhirnya mendapat pengakuan publik.

Namanya mulai diperbincangkan publik ketika video dirinya saat memberikan pengajian di salah satu kelab malam di Bali menjadi viral.

Popularitasnya ini yang lantas membuat Gus Miftah diundang Deddy Corbuzier menjadi bintang tamu di acara talkshow yang dipandunya.

Menjadi guru spiritual Deddy Corbuzier

Seusai menjadi bintang di Hitam Putih pada 26 September 2018, Gus Miftah menjadi semakin dekat dengan Deddy Corbuzier.

Keduanya kerap saling berkunjung ke rumah masing-masing dan ayah Azka Corbuzier inipun pernah mengajak Gus Miftah untuk tampil dalam sejumlah vlognya.

Rupanya sosok Gus Miftah begitu menginspirasi Deddy Corbuzier untuk mempelajari Islam.

Dalam penuturannya kepada awak media yang dilansir Facebook Tribun Jogja (21/6/2019), Deddy bahkan mengakui ia memutuskan menjadi mualaf karena bimbingan dari sang ulama.

“Jadi kalau ditanya kenapa (masuk Islam) karena mendapatkan bimbingan dari beberapa orang yang tepat, salah satunya Gus Miftah,” ungkap Deddy Corbuzier.*

Grid )