Survei Indomatrik: Elektabilitas Prabowo Mendekati Jokowi

KLITREND.com – Berbagai macam lembaga survei telah melakukan survei elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga.

Salah satunya adalah Lembaga Survei Indomatrik. Lembaga survei ini merilis hasil elektabilitas capres/cawapres Jokowi- Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga hingga akhir Januari 2019.

Berdasarkan hasil survei Indomatrik, elektabilitas capres Prabowo Subianto mendekati capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=A7QIUOLCmBk” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://www.kliktrend.com/wp-content/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

Baca juga: Lanjutan Kasus Video Siswa Merokok yang Tantang Gurunya

Lembaga Survei Indomatrik melakukan survei pada 21 sampai 26 Januari 2019. Jumlah sampel sebanyak 1.800 responden dengan margin of error +/- 2,8 % pada tingkat kepercayaan 95%. Responden yang terpilih diwawancarai lewat wawancara tatap muka.

Unit sampling primer survei (PSU) ini adalah Desa/Kelurahan dengan jumlah sampel yang diambil dalam survei tersebut sebanyak 10 orang.

Survei Indomatrik dilakukan di 180 wilayah Desa/Kelurahan yang tersebar di 34 Provinsi, 99 Kabupaten/Kota, 180 Kecamatan.

Quality Control terhadap hasil survei dilakukan secara acak sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor melalui spotcheck di lapangan. Survei ini dipublikasikan di Hotel Ibis, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2019).

“Pasangan Capres/Cawapres yang akan maju dalam pilpres 17 April 2019 adalah 2 pasangan sebagai berikut, siapa Capres/Wakil Presiden yang akan Ibu/Bapak pilih dari pasangan berikut?” ujar Syahruddin, Direktur Riset Lembaga Survei Indomatrik.

Baca juga: Heboh Oma 82 Tahun Dinikahi Lajang 28 Tahun

Selisih Kedua Pasangan Capres-Cawapres 3,93%

Hasil survei Indomatrik menunjukkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 44,04%. Angka ini beda tipis dengan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin yang meraih 47,97%. Selisih elektabilitas kedua pasangan ini adalah 3,93%.

Berdasarkan hasil survei Indomatrik tersebut, selisih antara kedua pasangan  capres dan cawapres dalam pilpres 2019 sangat kecil.

Hal ini menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo-Sandiaga mengalami peningkatan. Sedangkan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf mengalami penurunan.

Peningkatan elektabilitas pasangan prabowo-Sandiaga tentunya akan mengalami perubahan yang signifikan jika pasangan ini terus melakukan kerja keras melalui sosialisasi di tengah masyarakat.

Hal ini dilakukan agar bisa menyaingi dan bahkan melebihi pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf yang masih menduduki posisi teratas dalam semua survei.

Rilis survei turut dihadiri Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade. Sementara itu, tidak terlihat perwakilan dari TKN Jokowi-Ma’ruf yang hadir.

Berikut hasil elektabilitas capres/cawapres yang dirilis Indomatrik:

Joko Widodo-Ma’ruf Amin 47,97%
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 44,04%
Swing voters 7,99%. *

( Detik )

Terkini

Masih Dirundung Duka, Ayah Ashraf Sinclair Tulis Curhatan Pilu Tentang Sang Anak

KLIKTREND.com - Masih dirundung duka atas meninggalnya Ashraf Sinclair,...

Kunjungi BCL yang Sedang Berduka, Ini yang Dilakukan Maia Estianty

KLIKTREND.Com - Penyanyi Maia Estianty dan Rossa menyempatkan diri...

Begini Persiapan Ruben Onsu Jelang Ulang Tahun Betrand Peto

KLIKTEND.Com - Penyanyi cilik asal Manggarai-NTT, Betrand Peto Putra...

Maia Estianty Bahagia Ketemu Ahmad Dhani Di Indonesian Idol

KLIKTREND.Com - Panggung grand final Indonesian Idol dihebohkan dengan ...

Gratis Berlangganan

Dapatkan update trending topic Indonesia terkini dengan gratis berlangganan artikel Klik Trend.