Hot News – Di tengah persoalan virus corona yang melanda dunia, Ria Ricis justru melakukan syuting hingga mengundang sindiran dari Didiet Maulana.

Instruksi pemerintah kepada masyarakat untuk tidak berkumpul di tengah wabah Covid-19 justru tidak diindahkan oleh Youtuber Ria Ricis dengan melakukan syuting yang mengundang kehadiran massa.

Aksi Ria Ricis ini pun mengundang perhatian publik hingga dikritik oleh Didiet Maulana melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @didietmaulana seperti dikutip Kliktrend.com pada Selasa (24/3/2020).

Didiet Maulana
Tangkap Layar Instagram/@didietmaulana

TrendingRia Ricis Ceritakan Rencana Liburannya ke Tanah Suci Mekkah

Aksi Ria Ricis Syuting di Tengah Wabah Corona

YouTuber Ria Ricis seolah tidak mentaati imbauan untuk work from home dan berdiam diri di rumah di tengah wabah corona yang sedang melanda dunia saat ini.  Ria Ricis malah memancing keramaian lantaran menggelar syuting.

Tak main-main, lokasi syuting yang dipakai adalah di area komplek perumahan, di mana ada banyak warga yang tinggal dan sedang melakukan isolasi mandiri.

Jadilah, keputusan Ria Ricis untuk menggelar syuting di sana mendapat reaksi keras dari warga.

Salah satu orang yang vokal dengan kelakuan Ria Ricis adalah desainer Didiet Maulana.

Lewat akun media sosialnya, Didiet Maulana mengkritik habis sikap Ria Ricis yang dianggap tidak terpuji.

“Halo mbak, dengan belasan juta follower, saya enggak pernah-pernahnya ya bikin video seperti ini, tapi apa yang Anda lakukan itu sangat berbahaya, dan membahayakan bukan hanya keluarga Anda, tapi juga masyarakat di sekitarnya.”

“Menurut teman saya, Anda sudah beberapa kali diperingatkan, karena di daerah situ, Anda bikin syuting beberapa hari dan membuat resah masyarakat, karena mengumpulkan banyak orang di sana.”

“Sekarang, keadaannya berbeda mbak, mbok ya kalau mau bikin sensasi, enggak begini caranya,” ungkap Didiet.

TrendingRia Ricis dan Timnya Kerap Tidur Hanya 2 Jam Sehari, Ini Alasannya

Didiet Maulana Singgung Soal Keteladanan

Melalui Video singkatnya, Didiet Maulana juga mengatakan agar Ria Ricis yang mempunyai banyak follower di YouTube itu bisa membantu pemerintah mengajak masyarakat melakukan sosial distansing.

Didiet juga menyinggung agar bisa menjadi teladan bagi yang lain di saat banyak orang belum mengetahui dampak dari virus corona..

“Anda punya belasan juta follower, itu berarti Anda dipercaya oleh Tuhan untuk menyebarkan hal yang baik, untuk jadi contoh bagi masyarakat.

Belasan juta follower, itu bagaimana suara Anda bisa didengar oleh 18 juta orang. Saya kecewa sekali, kenapa neglected banget.”

“Tapi enggak bisa, ini syuting terkahir,” kata Didit Maulana seolah menirukan ucapan Ria Ricis. “I don’t care man!” ceplos Didiet Maulana.

“Apakah ini akan menjadi hari terakhir buat Anda dan yang lainnya, kita enggak pernah tau. Nyawa orang itu sekarang sedang dipertaruhkan. Jadi, kita harus saling menjaga. Kita harus saling melindungi; keluarga, diri sendiri, lingkungan.”

“Apa yang Anda lakukan sangat tidak terpuji menurut saya. Dan kalau Anda lihat beberapa hari lalu saya posting, imbauan dari bapak Kapolri yang terhormat, tentang ketentuan bagaimana kita harus bersikap di era pandemik seperti sekarang ini.”

“Jadi, saya enggak mau cari ribut, saya enggak mau cari masalah. Saya hanya ingin memberi peringatan kepada Anda, follower banyak berarti ada tanggungan mental mbak. Itu berarti semua gerak-gerik mbak akan dijadikan panutan. Berarti Anda dipercaya untuk menjadi contoh yang baik untuk masyarakat.”

“Mudah-mudahan postingan ini bisa membuat mbak sadar, pasti lah emosi dulu lah ya. Namanya manusia pasti enggak terima dikritik. Tapi mudah-mudahan bisa membuka hati nurani mbak dan mari kira sehat bersama.”

“Saya doain mbak dan keluarga dan semua kru yang hari ini terlibat, sehat semua. Jangan ada yang sakit, kita jaga lingkungan kita dari pandemik,” tutup Didiet Maulana.

Menurut cerita Didiet, keresahan warga itu diketahui dari temannya sendiri, yang kebetulan tinggal di komplek perumahan, di mana Ricis menjalani syuting.

“Ada seorang tokoh Instagram yang shooting di rumahnya, kebetulan teman saya tinggal bersebelahan dengan dia.”

“Sepenting itukah tetap harus shooting, kalau memang itu masih rejeki mbak, akan tetap dapet kok mbak.”

“Please jangan bertindak egois,” tulis Didiet Maulana dalam akun media sosialnya.

Unggahan Ria Ricis
Tangkap Layar Unggahan Ria Ricis/@riaricis1795

Sementara itu, dalam akun media sosial Ria Ricis, dia memang membagikan kegiatannya ketika sedang syuting.

“Ria Ricis as Becir, Ricis & Executive Producer #SetanTaubatRamadhan2020 berhubung hari ini lockdown di rumah Ria Ricis tidak terima tamu atau aktifitas lainnya.”

“Tapi harus selesaikan tanggung jawab,” tulis Ria Ricis lewat akun media sosialnya.

Rupanya, video kritikan yang diunggah Didiet Maulana itu mengundang banyak komentar publik figur, mulai dari Melly Goeslaw sampai Imam Darto.

“Jiwa ghibaku bergejolak ingin menginvestigasiii.. siapa gerangankah orangnyaaa.. ,” komentar Imam Darto.*