KLIKTREND.com – Pengusaha dan pembawa acara Ruben Onsu angkat bicara soal status Betrand Peto, bocah asal NTT yang kini tinggal bersama keluarganya.

Ternyata penyebutan anak angkat yang disematkan kepada penyanyi remaja kakak Thalia dan Thania itu salah karena masih ada proses panjang yang harus dilalui hingga akhirnya disebut sebagai anak angkat.

Ketika Betrand Peto Putra Onsu sudah genap usia 17 tahun baru diadakan proses lagi, pada saat itu baru ditentukan apakah Betrand bisa menjadi anak angkat atau tidak.

“Orang banyak salah arti, orang bilangnya anak angkat, jadi saya ini sampai (Betrand) umur 17 tahun, mendapat hak asuh,”ujar Ruben Onsu seperti dilansir Kliktrend.com dari Vlog Atiek Nur Wahyuni pada Selasa (10/3/2020).

Masih Ada Proses Panjang
Foto Tangkapan Layar Vlog Atiek Nur Wahyuni

Trending:Betrand Peto Menangis Ingat Masa Lalu, Begini Tanggapan Ruben Onsu

Masih Ada Proses Panjang

Menurut ayah tiga anak itu, ketika usia Betrand Peto sudah 17 tahun sudah bisa mengambil keputusan sendiri seperti apa dia nantinya.

Suami Sarwendah itu juga menjelaskan kalau tahap berikutnya lebih rumit, Betrand akan disertakan dalam sidang pengadilan, berbeda dengan yang diurusnya dulu.

Sekarang Betrand Peto Putra Onsu masih usia 15 tahun, tunggu dua tahun lagi baru memulai tahap baru dalam proses pengangkatannya.

“Dia masuk 15, dua tahun lagi saya harus fight lagi (untuk dapat hak angkat anak),” ujar ayah tiga anak itu.

“dan prosesnya itu beda lagi, lebih panjang karena mungkin di persidangan berangkatnya melihat dia sebagai anak yang terlibat.” lanjutnya Ruben Onsu.

Trending:Begini Persiapan Ruben Onsu Jelang Ulang Tahun Betrand Peto

Demi Betrand Ikuti Rangkaian Tes

Proses pengambilan hak asuh untuk Betrand tidak semudah apa yang dilihat oleh orang lain.

Masih ada tahapan yang panjang yang mesti dilalui, seperti tanda tangan berkas, ikut sidang dan itu semua butuh waktu.

“Pengesahan secara hukum tidak semudah apa yang di liat orang lain” jelas Ruben Onsu.

Dalam proses hukum itu, Ruben dan Sarwendah juga mengikuti tes kejiwaan dengan berbagai macam pertanyaan, dan pertanyaan itu berbeda-beda untuk keduanya.

Demi Betrand Ikuti Rangkaian Tes
Foto Instagram/@rubenonsu

“Kita juga ada tes kejiwaan melewati 500 pertanyaan” jelas ayah tiga anak itu.

Ruben Onsu sempat menyerah melihat proses yang begitu rumit. Namun ia beruntung karena memiliki istri yang selalu mendukungnya.

Sehingga ia sabar dan akhirnya proses yang ia lalui sukses mendapat izin resmi atas hak asuh Betrand.

Baik secara adat Manggarai maupun secara hukum, dan itu semua benar benar legah setelah di putuskan pada 15 Oktober tahun 2019 lalu.