Hot NewsTetap Waspada, Kemenkes Temukan 5 Kasus Probable Omicron di Indonesia

Tetap Waspada, Kemenkes Temukan 5 Kasus Probable Omicron di Indonesia

Kliktrend.com – Masyarakat diminta untuk tetap waspada pasca ditemukannya satu orang positif terinfeksi virus corona varian Omicron di Indonesia.

Peringatan tersebut menyusul pengumuman dari Menkes Budi Gunadi Sadikin yang menyebutkan bahwa pihaknya mendeteksi satu kasus untuk varian baru tersebut.

Saat ini satu orang pasien yang terkonfirmasi positif adalah pekerja kebersihan di RS Wisma Atlet Kemayoran.

Pasien Positif Omicron


Dalam keterangan pers virtualnya pada Kamis (16/12/2021) siang, Budi Gunadi membeberkan beberapa fakta soal kasus baru tersebut.

“Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien, N inisialnya, terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember,” ujar Budi Gunadi.

“Sudah kami konfirmasi ke Gisaid bahwa memang data ini adalah memang sequencing Omicron,” lanjut dia.

Ia menjelaskan, sampel N diambil bersama dengan pekerja kebersihan lainnya yang bekerja di Wisma Atlet. Hasilnya, ada 3 orang yang hasil tes PCRnya menunjukkan hasil positif.

Baca Juga: Setelah Acara Tutup Peti, Mendiang Laura Anna Akan Dikremasi Hari Ini

Namun, satu di antaranya yakni N yang sampelnya diteliti Kemenkes menghasilkan positif terdeteksi varian Omicron.

“Pasien N ini pekerja pembersih di Wisma Atlet pada tanggal 8 Desember sampelnya diambil secara rutin oleh tim Wisma Atlet, kemudian dikirimkan ke kami di Kemenkes untuk dilakukan WGS” ungkapnya.

“Kami terima 10 desember dan kita lihat ada 3 pekerja pembersih di RS Wisma Atlet yang positif PCRnya, tapi yang terkonfirmasi omicron 1 orang,” tutup Budi Gunadi.

Ada Lima Kasus Probable Omicron Terdeteksi

Tetap Waspada, Kemenkes Temukan 5 Kasus Probable Omicron di Indonesia
Foto: Kliktrend.com – Web/@tempo

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan Kemenkes telah mendeteksi satu kasus COVID-19 varian Omicron yang merupakan pekerja di RS Wisma Atlet.

Selain pekerja tersebut, Kemenkes juga mendeteksi ada lima kasus probable (kemungkinan) terinfeksi varian Omicron. Namun, ia menegaskan sifatnya masih belum bisa dipastikan.

Baca Juga: Meski Laura Anna Meninggal, Kasus Gaga Muhammad Tetap Disidang Hari Ini

“Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron. Jadi belum pasti Omicron tapi karena kita melakukan tes PCR dengan spesifikasi khusus, kita mendeteksi ada 5 kasus probable Omicron,” jelas Budi Gunadi.

Ia menjelaskan, dua kasus merupakan WNI yang baru pulang dari Amerika Serikat dan Inggris. Keduanya saat ini sedang diisolasi di Wisma Atlet Kemayoran.

“Tiga kasus probable lainnya adalah WNA dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang dikarantina di Manado,” ucap dia.

Belum Fix Positif Omicron

Tetap Waspada, Kemenkes Temukan 5 Kasus Probable Omicron di Indonesia
Foto: Kliktrend.com – Web/@antaranews

Budi Gunadi menegaskan, lima kasus tersebut sifatnya masih probable dan belum tentu terinfeksi varian Omicron.

Meski begitu, sampel mereka sudah dikirimkan ke Balitbangkes untuk dicek lebih lanjut untuk proses whole genome sequencingnya.

Baca Juga: Laura Anna Meninggal, Status Hukum Gaga Muhammad Jadi Sorotan

“Sampel PCRnya dari lima kasus probable ini sudah dikirimkan ke Balitbangkes dan sedang kami run tes whole genome sequencingnya. Diharapkan dalam 3 hari ke depan kita sudah bisa konfirmasikan apa benar ini Omicron apa bukan,” tutup Budi.

Adapun seorang pekerja kebersihan berinisial N di Wisma Atlet terkonfirmasi positif tanpa mengalami gejala sedikit pun.*

Terkini