KLIKTREND.com – Foto-foto yang merekam kebersamaan antara Jokowi dan Gus Dur mendadak viral dibahas warganet. Foto-foto tersebut pertamakali diunggah oleh seorang fotografer bernama Blontank Poer melalui akun Facebooknya pada Selasa (30/4/2019) malam.

Dalam unggahannya, sang fotografer menjelaskan bahwa foto-foto dokumentasi tersebut ia temukan saat sedang bersih-bersih CD (Compact disc) berisi foto-foto lama.

Dijelaskan pula, dokumentasi peristiwa yang terjadi di Kraton Surakarta itu, menurut catatan digital di kamera Canon EOS D30 miliknya, terjadi pada 8 Januari 2006.

TrendingTanggapi Wiranto dan Moeldoko, Begini Kata Panitia Ijtimak Ulama III

Foto-foto Kebersamaan Jokowi dan Gus Dur

Blontank Poer, dalam postingannya menyertakan lima foto. Empat yang pertama merupakan rekaman momen Gus Dur bersama Jokowi, dan satu foto tentang jejak digital sebagai keterangan atas keempat foto sebelumnya.

Dalam foto pertama terlihat Jokowi yang mengenakan peci hitam dengan kemeja batik mencium tangan Gus Dur yang sedang duduk.

Jokowi Mencium Tangan Gus Dur
Jokowi Mencium Tangan Gus Dur – Facebook/Blontank Poer

Pada foto keduanya, Jokowi tampak sedang duduk dan menatap serius ke arah Gus Dur yang sedang memegang microphone.

Jokowi Mendengarkan Gus Dur
Jokowi Mendengarkan Gus Dur – Facebook/Blontank Poer

Kemudian pada foto ketiga terlihat Jokowi duduk di samping Gus Dur seperti orang yang sedang mendengarkan dengan badan yang menyerong ke arah Gus Dur dan tangan ditempatkan di antara kedua paha.

TrendingAturan Jam Kerja Bagi ASN, TNI, dan POLRI Selama Bulan Ramadan

Jokowi Menyimak Gus Dur
Jokowi Menyimak Gus Dur – Facebook/Blontank Poer

Sementara Gus Dur tampak seperti sedang berbicara dengan tangan kanan memegang microphone. Keduanya duduk berdampingan di Kursi dalam momen di foto tersebut.

Jokowi Bersama Gusdur
Jokowi Bersama Gusdur – Facebook/Blontank Poer

Sementara pada foto keempat, keduanya duduk bersebelahan dan di belakang mereka terlihat banyak orang yang duduk.

Catatan Digital Dokumentasi Foto
Catatan Digital Dokumentasi Foto – Facebook/Blontank Poer

Foto kelima berupa data digital dari foto-foto tersebut yang menunjukan waktu foto tersebut diambil.

Penjelasan Sang Fotografer

Berikut penjelasan atas foto-foto dokumentasi yang ditulis Blontank Poer pada postingan Facebooknya, Selasa (30/4/2019).

JOKOWI dan GUS DUR

Tak sengaja bersih-bersih CD koleksi foto lama, nemu adegan Pak Jokowi mencium tangan Gus Dur.

Peristiwa di Kraton Surakarta itu, menurut catatan digital di kamera Canon EOS D30, 8 Januari 2006. Berarti, itu baru beberapa bulan Pak @jokowi menjabat Walikota Surakarta.

Jebul (ternyata-red), pada masa itu sudah kelihatan jejak kesantrian Jokowi. Tak hanya bisa disimak dari adegan cium tangan, tapi juga bahasa tubuhnya ketika duduk bersebelahan dengan orang besar bernama KH Abdurrahman Wahid.

Semoga Pak Jokowi bisa mewujudkan cita-cita besar Gus Dur yang belum kesampaian, memeratakan keadilan, memajukan kemanusiaan, memoersatukan Indonesia dan memupuk persaudaraan tanpa memandang latar belakang atau atribut kesukuan, agama dan sebagainya. amin.

Al Fatihah untuk Gus Dur.