KLIKTREND.com – Sebuah video yang memperlihatkan salah sorang warga menangkap tuyul beredar viral di media sosial baru-baru ini.

Peristiwa aneh di mana seorang warga menangkap tuyul di toples tersebut terjadi di Wonosari, Gunungkidul.

Viralnya video penangkapan tuyul tersebut lantaran diunggah di media sosial akun Instagram @warung_jurnalis, pada Sabtu (23/11/2019) lalu.

Trending: Viral Foto Puput Nastiti Devi Gendong Bayi, Ini Faktanya

Tuyul Dimasukkan dalam Toples

Salah seorang warga bernama Yudarwandi mengaku menangkap tuyul dan memasukkannya ke dalam toples.

Hal itu dilakukannya lantaran banyaknya aduan warga yang kehilangan uang hingga proses penangkapan yang sulit.

Dari keterangan unggahan video tersebut lokasi penangkapan tuyul itu terjadi di Padukuhan Temu, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul.

Warga tangkap Tuyul
Tangkap layar YouTube

Pria bernama Yudarwandi mengaku mendapat keluhan dari para warga lantaran kehilangan uang sekitar setahun lalu. Ia pun lantas mencari tuyul yang mengganggu warga desanya itu.

Usai kembali dari pengajian di Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo, Yudarwandi tak sengaja melihat sosok tuyul yang tengah duduk di atap rumah salah satu warga.

Yudarwandi lantas memberhentikan motornya dan mencoba menangkap tuyul itu namun kabur. Tuyul setinggi 50 cm itu disebut kabur ke arah makam.

Usai dikejar dan berhasil ditangkap, sosok tuyul itu lalu dimasukkan ke dalam toples dan hendak dilarung di Pantai Ngobaran.

Namun, ternyata tak hanya lantaran mendapat keluhan warga yang kehilangan uang. Yudarwandi juga mendapat kabar adanya dua ekor kambing yang mati mendadak dengan luka di leher.

Tak hanya itu, cerita lebih lengkap tentang penangkapan sosok tuyul itu juga dibagikan laman Facebook yunirusminichan, yang dilansir Kliktrend.com pada Minggu (24/11/2019).

Trending: Larangan Ucapan Natal di Kue Tous Les Jours Viral, Begini Tanggapan MUI

Kronologi Kejadian

Dalam keterangan, disebutkan Yudarwandi menceritakan kronologi penangkapan sosok yang diduga tuyul tersebut.

“Sepulang dari pengajian, ia melihat seorang anak kecil dengan kepala plontos dan hanya mengenakan celana duduk di salah satu atap rumah warga di Padukuhan Karangasem, Desa Pulutan.

Sosok berbentuk anak kecil tersebut, lanjut Yudar, duduk termenung dan menyangga dagu dengan kedua tangannya.

“Batin saya, wah tidak mungkin kalau itu anak kecil, saya curiga akhirnya saya kunci dengan doa kemudian dia kaget dan lompat.

Saya pastikan lompatnya menuju kuburan Padukuhan Praon, Desa Pulutan yang memang tak jauh dari lokasi. Kemudian berusaha saya susul,” beber Yudar.

Tangkap Tuyul
Tangkap layar Instagram/@warung_jurnalis

TrendingViral, Ayah Pelaku Isu Pesugihan Restoran Ruben Onsu Berlutut di Depan Roy Kiyoshi

Kejar Sampai ke Makam

Dikejarnya sampai ke makam yang terkenal angker itu hingga kaki Yudar terkena pecahan kaca.

Saya tarik, karena kuburan itu memang angker, saya banyak diseret jin yang lainnya sempat lepas, lari lagi dia.

Saya kejar sampai gak sadar sampai kaki saya kemasukan pecahan kaca di sekitar kuburan,” ucap dia sambil menunjukkan bekas lukanya.

Sesampainya 200 meter dari pemakaman tersebut, tepatnya di pojokan pemakaman, ia melakukan ritual dan mengunci kaki.

Saat kaki dikunci menurutnya, tuyul tersebut menyerupai anak kecil dengan tinggi 50 cm.

“Saya tarik dia berubah menjadi angin, saya tarik, panas di telapak tangan saya, saya hentakkan ke tanah kaki saya dengan berdoa agar menjadikan makhluk tersebut berwujud, akhirnya dikabulkan sama Gusti Allah,” beber Yudar.

Lebih lanjut ia menceritakan, awalnya sosok yang diduga tuyul tersebut berubah menjadi kecil dan lentur. Prosesi pemasukan kepada botol pun susah.

“Awalnya saya mau masukin ke botol aqua yang saya bawa dari pengajian tapi tidak bisa masuk, akhirnya saya nemu botol minum lain di pemakaman, saya tes masuk pas mau dimasukan si tuyul mendorong botol dan tidak bisa masuk, akhirnya saya tekan pake tumit tetap gak bisa masuk malah gigit saya, akhirnya saya cari plastik saya masukan plastik,” urainya.

Kala itu, warga Desa Pulutan memang sedang beritirakat menyambut Pilkades. Ia pun sempat mampir ke salah satu rumah warga, beberapa warga sempat memegang benda yang diakui ditangkap Yudar dan banyak yang menyebut memang kondisinya lentur seperti katak.

Sesampainya di rumah saya masukan ke toples, dan berubah menjadi wujud aslinya. Menjadi besi seperti keris, karena tuyul pada awal mulanya ya dibuat oleh empu,” tutur dia.

Sementara itu, warga setempat yang sering kehilangan, Dwi Pujiastuti mengaku, dalam tiga hari berturut-turtut sering kehilangan uang ratusan ribu. Bahkan belum lama ini uang tiga ratus ribu di dompetnya raib.

“Saya sering sekali sampai marah sama suami dan anak, saya kira diambil mereka,” tutup Dwi.

View this post on Instagram

WARGA TANGKAP TUYUL Peristiwa aneh datang dari Padukuhan Temu, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari. Warga setempat digemparkan dengan penangkapan sesosok yang diduga tuyul pada Jumat (22/11/2019) malam kemarin. Tak hanya menjadi kasak-kusuk warga, akan tetapi kabar ini juga viral di media sosial setelah salah seorang warga mengunggahnya.Adalah Yudarwandi, warga yang meyakini telah menangkap tuyul Setahun lalu, Yudarwandi mendapat keluhan dari salah satu warga lantaran kehilangan uang. Semenjak itulah ia mencoba mencari tuyul yang mengganggu warga. Secara tidak sengaja, dalam perjalan pulang dari pengajian di Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo, Yudarwandi melihat sosok tuyul yang tengah duduk di atap rumah salah satu warga. Ia langsung menghentikan kendaraan dan mencoba memberikan doa untuk mengunci tuyul. Namun tuyul berhasil lompat dan lari ke arah makam. Yudarwani lantas membawa kendaraannya mencari jalan pintas menuju ke arah dan makam. Tak berselang lama ia melihat tuyul dengan tinggi 50 cm tengah gelimpungan kesakitan. Tuyul lalu dilumpuhkan dengan doa-doa dan dimasukkan ke dalam wadah yang diisi rajah (doa).Tuyul tersebut olehnya dimasukkan ke dalam toples dan rencananya akan dilarung di Pantai Ngobaran. #tuyul #mistik #mistis #gunungkidul

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis) on