KLIKTREND.com – Wishnutama Kusubandio secara terbuka mengungkapkan perubahan yang dialaminya setelah dirinya menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Sebelum dilantik sebagai Menparekraf dalam kabinet Indonesia Maju pada Oktober lalu, Wishnutama dikenal publik sebagai salah satu pendiri sekaligus CEO NET Mediatama Televisi. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Trans 7 dan Trans TV.

Pengakuan Wishnutama terkait perubahan yang dialaminya itu ditayangkan dalam video yang diunggah akun Youtube Ini Talkshow Minggu (10/11/2019).

TrendingDelon Tinggalkan Status Duda dan Nikahi Janda Kaya, Begini Komentar Mantan Istri

Setelah Wishnutama Menjadi Menparekraf

Menurut Wishnutama, ada perbedaan yang mencolok saat dirinya menjadi CEO dengan menjadi Menparekraf. Aspek birokrasi menjadi fokus yang disorot pria kelahiran Jayapura, 4 Mei 1970 itu.

“Kalau di sini waktu saya menjadi CEO, kalau kita mau mengubah sesuatu ya hari ini juga bisa selesai. Kalau birokrasi kan banyak aturan dan lain sebagainya, lebih ribet,” jelasnya.

Namun ia mengakui, hal itu tidak akan menghalanginya untuk melakukan banyak perubahan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang diembannya.

“Tapi itu bukan halangan untuk melakukan perubahan. Saya berkali kali bilang sama teman-teman deputi di Kemenparekraf kita harus berani bikin terobosoan untuk maju,” tegas Wishnutama.

Setelah Wishnutama Menjadi Menparekraf
Serah-terima jabatan dari Arief Yahya ke Wishnutama – Instagram

TrendingDikritik Karikatur TEMPO, Anies Ucapkan Terima Kasih

Ia juga menuturkan bahwa dirinya ingin berusaha keras untuk memberikan hasil yang maksimal dengan cara dan pola pemikiran yang baru.

“Jadi kalau kita masih menggunakan cara masa lalu enggak akan kita pernah berhasil. Jadi seperti Pak Presiden bilang jangan hanya berorientasi pada proses tapi hasil, bukan sent tapi deliver,” tuturnya.

“Pada akhirnya orang lebih mementingkan proses bukan hasil. Itu yang harus kita ubah, bagaimana mencapai hasil yang nyata. Saya kerja di swasta aja kerja keras apalagi buat negara,” sambungnya.

Soal Kehidupan Keluarga Setelah Menjadi Menteri

Terkait kehidupan keluarganya, Wishnutama mengakui bahwa ia dan keluarga tetap menjalani kehidupannya seperti biasanya.

“Untungnya anak dan istri biasa-biasa saja saat saya diangkat jadi menteri, di rumah biasa-biasa aja, nothing special, enggak ada yang berubah,” jelasnya.

“Anak-anak saya tetap naik kendaraan umum, enggak ada yang jadi lebih beda dari yang dulu,” sambungnya.

Kehidupan Keluarga Wishnutama Setelah Menjadi Menteri
Bersama sang istri, Gista Putri – Instagram

TrendingJadi Rektor Termuda, Risa Santoso Perbolehkan Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi

Menurut alumnus Emerson College Amerika ini, justru anak-anaknya selalu diajarkan untuk memulai semua dari bawah dan bekerja keras untuk mencapai apa yang mereka inginkan.

“Tetap jadi orang biasa-biasa saja. Bukan sesuatu hal yang apa ya, justru mereka harus belajar dari bawah, proses, kerja keras, kejujuran itu yang saya selalu tanamkan” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Wishnutama Kusubandio resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat pengumuman Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).*